AIM Sambangi Malaysia Demi Legalkan TKI Polman

On Kamis, November 23, 2017

MASALEMBO.COM

POLEWALI, MASALEMBO.COM - Prihatin dengan kondisi warganya, Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar baru-baru ini berkunjung ke Malaysia, untuk melegalkan warga Polman yang menjadi TKI ilegal di negara itu.

Dalam kunjungannya, Bupati menggandeng Disdukcapil. Tujuannya untuk membuatkan KTP, akte kelahiran, KK, agar para TKI ini bisa mengurus dokumen resmi.

Menurut data konsulat di Malaysia, jumlah warga Polman yang menjadi TKI ilegal disana sebanyak 60.000 orang. Umumnya TKI tersebut melalui jalur yang tidak resmi.

Bupati yang akrab disapa AIM ini, juga telah berusaha memulangkan empat orang warganya yang telah menjadi korban perdagangan manusia (human trafficking).

"Saya sudah biayai kepulangannya. Insya Allah hari ini atau paling lambat besok akan tiba di Polman," jelas AIM, saat dikonfirmasi Kamis, (23/11).

Keempat TKI yang menjadi korban perdagangan manusia, awalnya dijanji untuk dipekerjakan di Nunukan. Namun beberapa hari kemudian, para calon TKI itu dinaikkan keatas kapal untuk dijual ke tempat hiburan karaoke di Tawau.

Atas pengalaman itu, Pemkab Polman kedepan akan bekerjasama dengan Pemerintah Tawau, dalam pengiriman TKI kesana. Sistemnya, pemerintah Polman yang langsung mengirim dan langsung diterima Pemerintah Tawau. Pemerintah Tawau saat ini masih membutuhkan sekitar 6.000 orang TKI untuk bekerja di lahan sawit. Pemerintah Tawau berharap, Pemkab Polman bisa memenuhi kuota tersebut.

Tahun 2018 mendatang, pengiriman TKI ke Malaysia juga akan lebih mudah, sebab tahun depan sudah ada dua kapal penumpang jenis feri dari pelabuhan Tanjung Silopo yang langsung ke Tawau dan Lahad Datu, Malaysia.

"Tahun depan kapal bisa mengangkut orang dan kendaraan," sebut AIM. (ant/tfk)

comments