Ketika Air Galon Jadi Alternatif untuk Mandi Warga Mamasa

On Rabu, November 22, 2017

MASALEMBO.COM

Warga mengangkut galon untuk keperluan rumah tangga (Foto: Hapri Nelpan)
MAMASA, MASALEMBO.COM- Akibat air bersih milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Mamasa kembali macet hingga dua hari, air galon menjadi alternatif warga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Seorang pengusaha warung makan, Sari, mengemukakan, air bersih milik PDAM tidak mengalir sejak Selasa (21/11) tepat pukul 15.00 WITA, sehingga air galon menjadi alternatif untuk mandi dan kebutuhan makan dan minum.

"Selama dua hari kami habiskan 24 galon atau setara Rp 120 ribu," ungkapnya saat ditemui di kediamannya, Rabu (22/11) di Kota Mamasa.

Ia berharap, air bersih segera dilancarkan karena hampir setiap orang yang tidak memiliki sumur bor di Kota Kabupaten Mamasa membeli galon untuk kebutuhan air bersih.

Lanjut Sari, iuran perbulan yang sering dibanyarkan di PDAM mencapai Rp 300 ribu-400 ribu. Biaya tersebut cukup besar untuk memaksimalkan pelayanan.

Awaluddin (Foto: Hapri Nelpan)
Sementara, Direktur PDAM, Awaluddin saat dikonfirmasi di hari yang sama menerangkan, hal itu terjadi lantaran sekitar 400 meter pipa di Desa Mambulilling, Kecamatan Mamasa tertimbun longsor. Diperkirakan pukul 17.00 WITA air sudah mengalir karena pipa tinggal disambung.

Ia juga menjelaskan, soal kurangnya volume air karena terjadi penyumbatan. Hal itu juga sementara proses pembenahan dan saluran juga mulai dibersihkan. (hpn/har)

comments