Legislator Kota Palu Pilih Belajar di Matra Ketimbang Pulau Jawa

On Sabtu, November 18, 2017

MASALEMBO.COM

Rombongan DPRD Kota Palu bersama Ketua ADKASI Lukman Said. (Foto: Indra Anwar)
MATRA, MASALEMBO.COM- DPRD Kabupaten Mamuju Utara (MATRA) menerima kunjungan DPRD Kota Palu. Mereka bertujuan melakukan studi banding sehubungan strategi tata kelola perkantoran dan pengaturan jadwal menerima aspirasi masyarakat. 

Ketua DPRD Kota Palu, Ishak Cae saat dikonfirmasi, Jumat (17/11) mengungkapkan, sebagai Ketua DPRD pihaknya membutuhkan referensi yang lebih banyak. Olehnya itu kunjungan didahulukan dengan mendatangi Kantor DPRD Ketua Umum ADKASI (Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia) di Matra. Hal itu dimaksudkan untuk mempelajari sejumlah kebijakan yang nantinya akan diterapkan di Palu.

Menurutnya, dalam kepemimpinan Lukman Said sebagai ketua DPRD Matra sekaligus sebagai ketua umum ADKASI, organisasi ini piawai dalam memainkan strategi sehingga membuatnya datang bersama rombongan untuk meminta saran dan pendapat.  

Ketua DPRD Palu Ishak Cae berharap, memimpin legislatif kota Palu akan mendapatkan kemajuan seperti Kabupaten Mamuju Utara.

"Setelah saya diajak keliling untuk memasuki semua ruangan DPRD Matra, sangat luar biasa dan kami jauh tertinggal kalau dibandingkan fisik gedung kantor kami yang berada di kota Palu," ucap Ishak.

Sementara, Ketua DPRD Matra Lukman Said menjelaskan, kedatangan Ketua Dewan Kota Palu bersama rombongan bertujuan mencari referensi tentang kebijakan pengawasan, pembahasan anggaran, pertanggungjawaban dan kerjasama dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Beliau datang berdasarkan usulan teman-temannya, daripada ke Jawa lebih baik ke Mamuju Utara sebab di sana ada Ketum ADKASI yang lebih paham tentang regulasi DPRD dan yang membuat saya kaget, mereka tadi ambil soft copy keputusan DPRD tentang penugasan anggota dewan dalam menerima aspirasi, katanya berbeda dengan daerah lain termasuk di DPRD Palu," tutur Lukman Said.

Menurut Lukman, selain dari kota Palu, sebelumnya DPRD Kabupaten Tojo Una-Una, Kabupaten Buol dan Kabupaten Toli-Toli Provinsi Sulteng juga datang berkunjung ke DPRD Matra dan hal tersebut patut disyukuri karena baru berusia 14 tahun namun banyak daerah lain mengagumi kabupaten paling utara Sulbar ini.

Berdasarkan pengakuan Lukman, dalam waktu dekat 15 ketua DPRD dari pulau Jawa juga bakal bertandang ke Mamuju Utara. (ind/hpn)

comments