Operasi Zebra 2017, Polres Matra Temukan 200 Lebih Pelanggar

On Rabu, November 15, 2017

MASALEMBO.COM

Operasi Zebra Siamasei di Matra belum lama ini.
(Foto: Edison S/ masalembo.com)
MAMUJU UTARA, MASALEMBO.COM- Melalui Operasi Zebra Siamasei 2017, Satuan Lalulintas Polres Mamuju Utara (Matra) berupaya meningkatkan penegakan hukum di jalan. Upaya itu dapat dilihat dari meningkatannya penindakan jumlah tilang. Dimana sebelumnya tahun 2016 lalu, terdapat 207 pelanggaran tilang,dan pada tahun 207 meningkat menjadi 302 tilang.

Kasat Lantas Polres Matra, AKP Yuli Krisna, mengatakan, mayoritas kendaraan yang diterjaring yakni sepeda motor. Sejak tahun 2016 kata Yuli, terdapat 191 unit kendaraan, kemudian di tahun 2017 mengalami peningkatan hingga mencapai 256 unit. Untuk kendaraan roda empat hanya mencapai 23 unit saja.

“Sasaran Operasi Zebra juga sangat tepat, karena mayoritas pelanggaran yang ditilang adalah pelanggar yang tidak menggunakan helm yaitu," kata Yuli Krisna. 

Dia menyebut, sebanyak 74 kasus pengendara tanpa helm, disusul kelangkapan surat kendaraan sebanyak 58 dan kelengkapan fisik 54 kasus.
Selama operasi Zebra Siamasei 2017 berlangsung, lanjut Yuli Krisna, 81 kendaraan bermotor yang disita, selebihnya adalah SIM dan SNTK.

Orang nomor satu di Satlantas Polres Matra ini juga menambahkan, selain kegiatan penegakan hukum, Satgas Preemtif dan Preventif juga melaksanakan kegiatan berupa pemasangan spanduk himbauan serta penyebaran pamflet pada saat razia.
Selain itu dilaksanakan himbauan kepada para pekerja proyek di jalan poros tepatnya di Kota Pasangkayu, agar meminggirkan materialnya, sehingga tidak menimbulkan laka lantas atau pun kemacetan.

“Bila dilihat dari angka kecelakaan antara tahun 2016 dan 2017, trend-nya tetap, yakni pada tahun 2016 korbannya tiga orang luka ringan sedangkan tahun 2017 dua orang luka ringan dan satu meninggal dunia," jelasnya. (eds/har)







comments