Tingkatkan Akurasi Data, BPS Gelar Pembinaan

On Selasa, November 28, 2017

MASALEMBO.COM

Bupati Mamasa Ramlan Badawi menyampaikan pentingnya penguasaan data. (Foto: Kedi Liston Parangka)
MAMASA, MASALEMBO.COM- Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Barat menggelar Pembinaan Statistik Sektoral Lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Mamasa, Selasa (28/11).

Bupati Mamasa Ramlan Badawi pada kesempatan itu menyampaikan pentingnya penguasaan data. 

"BPS seharusnya dapat membantu pemerintah menyajikan data yang rill. Mamasa meskipun sudah dinyatakan keluar dari daerah miskin, namun faktanya kita masih jauh lebih miskin dibanding daerah lain yang dinyatakan miskin oleh pemerintah pusat," katanya.

Ia menuturkan, hal seperti itu terjadi akibat data yang diberikan ke pemerintah pusat tidak akurat. 

"BPS harus tahu data tiap rumah tangga bahkan isi yang ada didalamnya. Kalau BPS tidak tahu berarti kurang mengumpulkan data di lapangan," tuturnya.

Kepada jajaran pejabat yang hadir, Ia meminta agar bersiap menyambut tiap kemajuan dan membekali diri dengan data dan informasi yang akurat. 

"Data inilah yang akan membantu kita memikirkan seperti apa kemajuan Mamasa akan dibangun, termasuk misalnya dana alokasi khusus (DAK) dan dana alokasi umum (DAU), serta angaran lainnya yang diterima Mamasa itu ditentukan oleh data yang ada," pintanya

Ramlan berharap, hasil pembinaan BPS tersebut agar diimplementasikan oleh pimpinan OPD di tempat kerjanya masing-masing. (klp/tfk)

comments