-->

Hot News

Tingkatkan Kualitas Pariwisata, Dinkes Mamasa Bakal Bantu Benahi Sanitasi

By On Rabu, November 22, 2017

Rabu, November 22, 2017

Wakil Bupati Mamasa hadiri Latpim II dengan tema Deklarasi Lingkungan (Foto: Kedi/msalembo.com)
MAMASA, MASALEMBO.COM --Dinas Kesehatan Mamasa gelar Latihan Kepemimpinan (Latpim) II dengan mengusung tema Deklarasi Lingkungan Sehat, Pariwisata Nyaman. Latpim tersebut merupakan tindak lanjut kegiatan Latpim Dinkes sebelumnya yang digelar di Bali beberapa waktu lalu.

Acara yang diselenggarakan di lokasi pariwisata Sarambu Liawan, Kecamatan Sumarorong, Rabu (22/11) dihadiri sejumlah pejabat Pemkab Mamasa.

Wakil Bupati Mamasa, Bonggalangi yang mewakili Pemkab Mamasa dalam sambutannya menyampaikan, tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah mengajak semua komponen masyarakat Mamasa untuk hidup bersih dan sehat.

"Kesehatan memiliki makna luas seperti sehat lingkungan, sehat jasmani dan rohani. Bukan hanya karena kita tidak pernah sakit," katanya.

Menurutnya, dipilihnya Sarambu Liawan sebagai lokasi kegiatan diharapkan dapat mendorong pengembangan lokasi wisata yang bukan hanya menarik bagi pengunjung daribsisi eksotisnya, tapi lingkungannya juga bersih dan sehat.

"Untuk mewujudkan itu semua, jajaran pimpinan OPD perlu duduk bersama dan bekerjasama dalam mendayung program pembangunan Kabupaten Mamasa," jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Mamasa, Hajai. S Tanga selaku ketua panitia kegiatan mengungkapkan, sejumlah permasalahan sanitasi lingkungan masih banyak ditemukan di Mamasa. Seperti akses jamban keluarga yang sangat rendah, dimana kebanyakan warga masih membuang air besar dan sampah langsung ke sungai.

"Kita fokuskan kegiatan pada kesehatan lingkungan, dengan kesehatan lingkungan yang bagus maka wisatawan-wisatawan dari luar tidak akan segan datang ke Mamasa. Seperti Sarambu Liawan ini jika airnya kian tercemar, tentu daya tarik wisatawan berkunjung ke Mamasa akan menurun," ungkapnya.

Dengan demikian, fokus proyek perubahan dalam Latpim tersebut akan dikosentrasikan pada prilaku hidup bersih dan sehat masyarakat melalui penyiapan jamban keluarga dari rumah ke rumah.

"Kita mulai proyek ini dari Desa Tadisi yang menjadi lokasi pariwisata Sarambu Liawan. Ini bertahap untuk jangka menengah dan akan dilanjutkan ke 10 desa di Kecamatan Sumarorong dan jangka panjangnya diseluruh kecamatan di Mamasa," ucapnya.

Selain Wakil Bupati Mamasa Bonggalangi dan Kepala Dinas Kesehatan, kegiatan tersebut juga dihadiri Kajari Mamasa, Tende, sejumlah Kepala OPD Pemkab Mamasa, serta tokoh adat dan masyarakat Kecamatan Sumarorong. (klp/tfk)

comments