-->

Hot News

4 Parpol Siap Diverifikasi KPU Mamasa

By On Senin, Desember 18, 2017

Senin, Desember 18, 2017

KPU Mamasa saat mengunjungi Sekretariat DPD Partai Perindo dan Sekretariat PSI. (Foto: Hapri Nelpan)
MAMASA, MASALEMBO.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamasa melakukan kunjungan ke sejumlah sekretariat Partai Politik (Parpol) guna melakukan proses verifikasi.

Ketua KPU Mamasa, Suriani.T Dellumaja saat ditemui di sekretariat DPD Perindo Kabupaten Mamasa, Senin (18/12) menerangkan, kegiatan yang yang dilakukan memang berlangsung serentak se-Indonesia dan khusus di Mamasa ada empat Parpol yang diverifikasi yakni, Partai Perindo (Partai Persatuan Indonesia), PSI (Partai Solidaritas Indonesia), PDI-P (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) dan PKS (Partai Keadilan Sejahtera).

Lanjutnya, khusus PDI-P kembali mengikuti verifikasi lantaran saat verifikasi Parpol beberapa tahun lalu keterwakilan perempuan masih menjadi kendala dimana dalam peraturan sebelumnya mengharuskan 30% keterwakilan perempuan. Sementara PKS saat verifikasi lalu belum memiliki sekretariat dan struktur yang khusus di Kabupaten Mamasa.

Devisi Teknis KPU Mamasa, Sudarso K. Wijaya juga menyampaikan verifikasi partai dilakukan untuk menghadapi Pemilu. "Ini dalam rangka pengesahan sejumlah partai yang akan mengikuti Pemilu 2019 nanti," paparnya.

Sudarsono mengatakan, partai baru yang lolos hanya dua yakni, Perindo dan PSI karena ada edaran surat KPU- RI maka PDI-P dan PKS juga akan diverifikasi karena tahun 2014 belum diverifikasi.

Sedangkan Devisi Hukum, Marthen Buntupasau dalam kunjungannya ke Sekretariat PSI Mamasa menjelaskan, berdasarkan ketentuan atau peraturan yang berlaku sekaitan proses verifikasi faktual sejumlah partai maka KPU Mamasa melakukan kunjungan kesejumlah sekretariat partai guna melakukan verifikasi faktual kepengurusan, keanggotaan, kantor dan keterwakilan perempuan. Katanya, tim dari KPU Mamasa juga sementara melakukan verifikasi hingga tingkat kecamatan dan untuk verifikasi kantor, kepengurusan dan dokumen pendukung lainnya dilakukan langsung oleh sejumlah Komisioner dan jajaran KPU Mamasa.

Merespon hal itu Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Perindo Kabupaten Mamasa, Dermawan Manggoli mengungkapkan, melalui verifikasi yang dilakukan pihak KPU merupakan gambaran kesiapan sejumlah Parpol dalam menghadapi momen-momen politik dan sangat disyukuri sejumlah dokumen dan berbagai syarat lainnya telah terpenuhi. Beberapa hal yang dibutuhkan seperti struktur kepengurusan, sekretariat, keanggotaan hingga pelosok desa telah dipersiapkan jauh sebelumnya.

"Intinya menghadapi sejumlah kontestasi politik Partai Perindo di Mamasa telah mengatur sejumlah kesiapan dimana Ketua Sebelumnya, Obed Nego Depparinding fokus di Pilkada Mamasa sedangkan pengurus lainnya memikirkan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pilpres .

Sekertaris DPD Perindo, Thomas juga berpendapat. Partai Perindo di Kabupaten Mamasa dalam mengahadapi verifikasi faktual intinya optimis akan lolos dan khusus di Pileg ditargetkan empat kursi keterwakilan di parlemen.

Sementara Katua DPD PSI Kabupaten Mamasa, Setriawan saat ditemui di sekretariatnya mengungkapkan. Ada tiga pokok yang akan di verifikasi faktual yakni, keanggotaan, kantor serta keterwakilan perempuan. Dari jumlah anggota di Mamasa yang didaftarkan di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) 267 ada 27 sampel yang akan diperiksa secara faktual oleh pihak KPU dari berbagai kecamatan.

Ia menjelaskan, sebenarnya jumlah keanggotaan untuk Kabupaten Mamasa dimasukkan di Sipol 267 dari standar 203 di Kabupaten Mamasa yang tersebar di 17 kecamatan untuk mengantisipasi data ganda. "Intinya kami optimis akan lolos di tahap  verifikasi,"kunci Setriawan. (hpn/har)

comments