Dukungan Penuh Pemdes Sambabo Sukseskan Gala Desa 2017

On Minggu, Desember 10, 2017

MASALEMBO.COM

Kades Sambabo, Tandroaji DP (tengah) usai menghadiri turnamen Gala Desa (Foto: egi/masalembo.com)
MAJENE, MASALEMBO.COM- Pelaksanaan lomba bola voli Gala Desa 2017 yang dipusatkan di Desa Sambabo, Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene berlangsung semarak. Antusias masyarakat turut memeriahkan turnamen tersebut. Even ini berakhir, Sabtu (10/12) dengan Tim Voli Putra Desa Tandeallo keluar sebagai jawara.

Tim Voli Tandeallo Putra dipastikan keluar sebagai juara usai bermain gemilang kontra Tim Voli Desa Tubo Kecamatan Tubo Sendana. Tandeallo Putra menang telak 3-0 di laga puncak, Sabtu (10/12) sore.

Ketua Tim Penyelenggara Muhammad Safaat mengatakan, Gala Desa merupakan salah satu program Ayo Olahraga dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Selain itu terdapat program Gowes Pesona Nusantara dan Liga Sepak Bola Pelajar. 
Panitia penyelenggara Gala Desa di Sambabo Kecamatan Ulumanda (Foto: egi/masalembo.com)
"Program ini dirancang khusus untuk menambah kesehatan dan minat olahraga dari masyarakat," terang Safaat usai laga final Tandeallo Putra vs Tubo.

Menariknya, pada ajang ini, setiap tim diperbolehkan mengundang pemain kontrak dari luar daerah. Tak ayal, sejumlah desa pun mendatangkan pemain berkelas nasional.

"Ada pemain Porda, bahkan jebolan Pra PON didatangkan kesini. Desa-desa yang mengundang," ungkap Faat.

Bersama dengan itu lanjut Safaat, Gala Desa juga dimaksudkan untuk mencari bibit-bibit atlet dari seluruh kalangan masyarakat di pelosok desa yang berpotensi untuk dijadikan sebagai atlet profesional.

Sementara, di tempat sama Kepala Desa Sambabo Tandroaji DP mengaku, kesuksesan Gala Desa 2017 ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat desa Sambabo, khususnya Pemerintah Desa (Pemdes) setempat.
Para pemain Tandeallo Putra saat kontra Tim Desa Tubo Kecamatan Tubo (Foto: egi/masalembo.com)
"Alhamdulillah tahun ini kita bisa selenggarakan Gala Desa ini, mudah-mudahan di tahun-tahun mendatang bisa kita tingkatkan lagi," kata Tandroaji, Sabtu.

Ia menuturkan, pihaknya memang telah berkomitmen untuk membina kegiatan kepemudaan, termasuk bidang olahraga.

"Sebagai bentuk komitmen kami, lapangan voli telah kami bangun, begitu juga lapangan sepak bola. Tinggal lapangan bulu tangkis ini yang belum, kami sedang upayakan juga," urai Tandroaji.

Dia berharap, di masa-masa mendatang, kepercayaan serupa dapat diberikan kepada Pemdes Sambabo karena terbukti warganya sukses menjadi tuan rumah even tingkat kabupaten.

Untuk diketahui, gerakan Ayo Olahraga Gala Desa ini mempertandingkan enam cabang olahraga (cabor) serentak di 136 kabupaten/kota se-Nusantara. Cabang olahraga itu antara lain sepak bola, sepak takraw, tenis meja, bola voli, bulutangkis, dan atletik. Seluruh pertandingan diikuti peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa hingga masyarakat umum, mewakili desanya masing-masing.

Enam cabor yang dipertandingkan itu dipilih berdasarkan popularitas dan kedekatan dengan budaya Indonesia.

Untuk kabupaten Majene, even Gala Desa digelar di beberapa tempat, dan bola voli sendiri Desa Sambabo ditunjuk sebagai tuan rumah. (eg/har)

comments