ABM Janji Majukan Persepakbolaan Sulbar

On Minggu, Januari 28, 2018

MASALEMBO.COM

Tampak Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar saat membuka turnamen sepakbola Tammangalle Cup (Foto: Taufik/masalembo
POLMAN, MASALEMBO.COM- Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Ali Baal Masdar (ABM) menuturkan, bakal menggenjot persepakbolaan Sulbar kedepan dengan menggiatkan turnamen disetiap kabupaten.

"Kedepan kita akan menata persepakbolaan kita. Yakni bupati cup, Sulbar cup dan Keris Muda Cup. Keris Muda ini harus diorbitkan, karena tidak ada ini Sulbar kalau tidak ada Keris Muda," sebut ABM, saat membuka turnamen sepakbola Tammangalle Cup, di Desa Tammangalle, Kecamatan Balanipa, Polewali Mandar (Polman), Minggu (28/1).


Ia mengatakan, kehadiran para punggawa PSM membuka turnamen diharapkan dapat memotivasi para generasi muda Polman.


Mantan Bupati Polman dua periode ini menilai, tidak berkembangnya persepakbolaan di Polman sebelumnya karena kurangnya kesungguhan para pengurus dalam mengelolanya.


"Walau hanya 11 orang susahnya bukan main. Kenapa, karena tidak ada ketulusan dalam membina sepakbola. Karena terkadang didalamnya ada banyak muatan kepentingan. Kalau kita tulus membina, Insya Allah kita bisa maju," sebutnya.


Menurutnya, tidak menutup kemungkinan persepakbolaan Sulbar tembus ke divisi satu nasional kedepan.


"Mungkin satu, dua tahun kedepan, kita sudah punya divisi satu. Kita bisa masuk. Dan ada orang yang siap melatih, tapi butuh dana sekitar 2 milliar. Nanti kita akan panggil semua bupati untuk membicarakannya," ungkapnya.


Ia mengaku optimis melihat kemajuan beberapa cabang olahraga Sulbar yang mampu tembus ketingkat nasional. Seperti cabang olahraga dayung, sepak takraw dan karate.


"Mudah-mudahan cabang lain kedepan semua juga semakin berkembang," ucapnya.


Untuk itu ia berharap, dengan lancarnya kompetisi sepakbola ditiap kabupaten kedepan, dapat melahirkan sejumlah atlet berbakat.


"Karena kalau ada atlet terorbit ke nasional, kita tidak segan minta bantuan, dan itu diberi. Tapi kalau selalu minta bantuan terus tidak ada atlet terorbit, kita merasa malu," (tfk/har)

comments