KPU Mateng: Verifikasi Faktual Tersisa Tiga Partai

On Rabu, Januari 31, 2018

MASALEMBO.COM

Ketua KPU Mateng Ahmad M Nur (Foto: Jamal Tanniewa/masalembo.com)
MATENG, MASALEMBO.COM-  Verifikasi faktual oleh KPU Mateng masih berlangsung hari ini, Rabu (31/1/2018).

Komisioner KPU siang ini verifikasi tiga Parpol yang belum disambangi, Selasa (30/1). Yakni Partai Hanura, PBB, dan Golkar. "Besok (Kamis,red) jadwal verifikasi faktual final, kita upayakan hari ini semua tuntas," kata Ketua KPU Mateng Ahmad M Nur.

Ia mengatakan di Mateng 16 Parpol yang mendaftar di KPU. Tapi tiga partai yaitu PDI, PKS dan Perindo lebih awal dinyatakan sudah lolos verifikasi. Olehnya KPU masih faktualkan 13 partai. "Proses ini berlangsung sejak Senin (28/1)," katanya.

13 partai yang diverifikasi mendasari Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019. Kemudian PKPU Nomor 5 dan Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Sedangkan faktual diatur dalam PKPU Nomor 6 Tahun 2018. "Nah, tiga belas partai ini yang masuk ke PKPU baru," tambahnya. 

Sejak Senin, ketua KPU Mateng juga terjun langsung ke lapangan verifikasi. Ia menyambangi sekretariat Partai PSI, Garuda dan PBB, PSI dan Partai Berkarya. Lima komisioner berbagi tugas mendatangi sekretariat parpol masing-masing.

Namun Ahmad belum dapat menyampaikan hasil verifikasi. Kata dia, partai yang memenuhi syarat atau tidak, akan disampaikan setelah verifikasi rampung. (jml/riz)

comments