-->

Hot News

Nelayan Bakal Nikmati Mesin Berbahan Bakar Gas

By On Senin, Januari 08, 2018

Senin, Januari 08, 2018

Kepala DKP Majene Budi Sulistyo (tengah) menyampaikan sambutan (Foto: dok Abd. Hafid/ masalembo.com)
MAJENE, MASALEMBO. COM - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Majene, tidak pernah berhenti mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan di daerah ini.

Selama ini, DKP Majene menyalurkan bantuan kepada warga nelayan yang diusulkan seperti perahu, rumpon serta beberapa alat tangkap ikan lainnya, sudah dinikmati masyarakat nelayan.

Kali ini, Kepala DKP Majene Budi Sulistyo kembali mengusulkan sarana nelayan berupa mesin kapal Berbahan Bakar Gas (BBG) melalui program konversi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Sementara kita menunggu informasi dari pihak KKP, karena usulan permintaan bantuan mesin BBG sudah dikirim ke pusat," terang Budi pada kegiatan pesta nelayan di Lingkungan Baurung Kelurahan Baurung Kecamatan Banggae Timur, belum lama ini.

Budi mengatakan, mesin BBG yang diusulkan ke pihak KKP, untuk menggantikan mesin kapal nelayan yang saat ini masih menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Sebenarnya, kita usulkan sebanyak 3 ribu unit berdasarkan data kapal nelayan yang ada. Jadi untuk tahap pertama, kita usulkan sebanyak 1.995 unit, selebihnya lagi untuk usulan tahap kedua," ujarnya.

Kata dia, mesin BBM menjadi BBG merupakan wujud perhatian pemerintah terhadap masyarakat nelayan. "Konversi ke BBG ini akan mengurangi pemakaian dan impor BBM. Selain lebih murah, penggunaan BBG dianggap lebih ramah lingkungan," katanya.

Ia menambahkan, penggunaan mesin BBG telah memberi dampak postif bagi lingkungan dan kesehatan. "Dengan penggunaan BBG ini, maka nelayan tidak menghisap CO (karbon, red) karena tidak ada asapnya," terang Budi. (ahd/har)

comments