Bupati Mateng Buka Bursa Inovasi Desa

On Minggu, Februari 04, 2018

MASALEMBO.COM

Bupati H. Aras Tammauni didampingi Ketua DPRD H. Arsal Aras meninjau salah satu stand Bursa Inovasi Desa Mateng (Foto: Jamal M Tanniewa)
MATENG, MASALEMBO.COM- Berkarya merupakan salah satu bentuk kepedulian, dalam mengembangkan sumber daya alam yang ada di desa. Tekait itu, 54 desa se Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) menggelar unjuk karya inovatif.

Seluruh desa menampilkan hasil karyanya pada Bursa Inovasi Desa (BID) yang dibuka secara resmi oleh Bupati Mateng H Aras 
Tammauni. Kegiatan ini digelar di halaman pendopo Rujab Bupati usai pengambilan sumpah dan pelantikan Kepala Desa, Jumat
(29/12).

Bursa Inovasi Desa adalah salah satu program yang diselenggarakan oleh Kemendesa PDT melalui restrukturisasi program yang sebelumnya difokuskan pada pendampingan dalam pelaksanaan Undang-undang Desa. Program ini bertujuan untuk merepleksi perkembangan dana desa. Hal ini dikatakan Staf Ahli Inovasi Desa Imam Fadli Haruna S.Pt saat dikonfirmasi, Sabtu (30/12).

Selain itu, Program Inovasi Desa (PID) sebagai upaya untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan memberikan banyak referensi dan inovasi pembangunan desa serta merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal.

"PID merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,melalui peningkatan kapasitas desa dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa yang berkualitas," jelas Fadli

Saat ini, PID yang berjalan di Mateng sejak bulan oktober lalu mulai berkembang, hasil karya yang ditampilkan melalui 
Bursa Inovasi Desa menarik perhatian warga dan pemerintah setempat.   

Ketua DPRD H Arsal Aras, turut mengapresaseasi PID yang ada di Mateng. Menurutnya, inovasi desa 
merupakan hal positif bagi warga agar dapat meningkatkan pendapatan melalui kreativitas dalam mengembangkan sumber daya lokal. 

"Kita apresiasi hal-hal yang positif, saat ini masyarakat kita mulai kreatif, dan tentu itu sangat baik untuk roda perekonomian. Kita akan support," jelas Arsal 

H Arsal Aras berharap, seluruh desa dapat mengalokasikan anggaran untuk industri rumahan demi meningkatkan dan mengembangkan potensi ekonomi lokal. 

Ucapan selamat juga disampaikan bagi Kepala Desa yang baru saja dilantik. Arsal Aras mengatakan, tanggung jawab mengemban amanah rakyat sangat berat, namun jika dilakukan sesuai ketentuan akan berjalan sesuai harapan.

"Tanggung jawab itu berat, tapi kalau kita bekerja berdasarkan ketentuan, maka semua itu biasa-biasa saja," ucap kader Partai Demokrat ini.

Arsal berharap, selurh Kades yang baru saja dilantik, dapat menjalin kerjasama positif dan damai. "Persoalan Pilkades sudah selesai, mari rangkul semua dan bersatu membangun desa," tutupnya. (adv)

comments