Foto Balita Karmila, Penderita Gizi Buruk di Polman

On Kamis, Februari 08, 2018

MASALEMBO.COM



Balita Karmila (Foto: egi/masalembo.com)

POLEWALI, MASALEMBO.COM- Inilah foto balita bernama Karmila (10 bulan). Ia menderita gizi buruk. Ironisnya, sejak dirawat di rumah sakit, balita ini hanya ditemani oleh seorang nenek.

Wartawan mendapat keterangan, sudah enam hari anak semata wayang dari pasangan suami istri Samel dengan Naga ini terbaring lemah di ruang perawatan anak lantai II, ruang Asoka, RSUD Polman. Sehari-hari balita ini hanya ditemani oleh nenek yang dengan setia menemani dan merawat cucunya itu.

Menurut salah seorang perawat, Fatmawati, pasien tersebut merupakan warga Desa Batu Panga, Kecamatan Luyo. Awalnya ia datang bersama ibu dan neneknya. Namun karena kondisi ibunya juga menderita penyakit TBC, maka perawat menyarankan untuk kembali ke kampung halaman.

"Dia (balita Karmila) dirujuk dari Puskesmas Batupanga," kata Fatma ditemui di ruang Asoka, Kamis (8/2) sore.


Naga, nenek Karmila menceritakan, kedua orang tua Karmila telah berpisah. Ayahnya bernama Samel, pergi ke Kabupaten Toli-Toli, Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu. Sementara ibunya Nada tetap tinggal bersama sang nenek. Sejak ditinggal ayah, Karmila dirawat oleh ibu dan neneknya. 

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, pasien ini mendapatkan bantuan dari beberapa petugas rumah sakit.
"Kami patungan mengumpulkan dana kemudian dibelikan barang kebutuhannya," ungkap Fatmawati.

Menyoal balita ini, dokter gizi Habib mengatakan, bahwa penanganan balita Karmila memang memerlukan waktu yang cukup lama. Namun kondisi pasien tersebut kini berangsur membaik setelah ditangani tim medis. 

"Minimal dua Minggu, karena dia membutuhkan formula khusus untuk gizinya," jelas Habib.

Menurut catatan rekam medik, penderita gizi buruk yang ditangani oleh RSUD Polman sebanyak tiga orang dalam sebulan terakhir. Satu orang telah dipulangkan karena sembuh, satu orang meninggal dunia, dan satunya lagi kini masih sementara dalam perawatan medis. 

Untuk diketahuoi, kasus gizi buruk memang menjadi perbincangan hangat, seperti yang melanda suku Asmat di Papua. Di Sulbar, Kabupaten Polewali Mandar, acap kali diberitakan dengan munculnya balita penderita gizi buruk. (eg/har)

comments