Banjir Rendam Pemukiman, Mateng Siaga 1

On Kamis, Maret 22, 2018

MASALEMBO.COM


TRC BPBD, Tagana Dinsos dan Polri sedang membersihkan saluran air dan sisa longsor di Jl. Poros Trans Sulawesi Desa Tabolang Kec. Topoyo. Kamis(22/3)
MATENG, MASALEMBO.COM -- Hujan deras yang mengguyur wilayah Mamuju Tengah sejak tengah malam hingga Kamis siang, menyebabkan sejumlah desa diterjang banjir.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Derah (BPBD), sedikitnya enam desa yang menyebar di empat kecamatan jadi korban banjir. 

Di Kecamatan Karossa titik banjir terletak di Dusun Muhajir Desa Kambunong dan Desa Karossa. 

Banjir juga melanda Desa Pangale Kecamatan Pangale. Kemudian sebahagian wilayah Desa Topoyo, Tabolang, dan Salupangkang Kecamatan Topoyo. Selain itu Desa Batuparigi Kecamatan Tobadak juga mengalami bencana serupa.  

Komandan Regu B Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Mateng Rizky Ilhamsyah mengatakan, saat ini timnya bersama Tagana Dinas Sosial, TNI dan Polri, turun lokasi membantu warga.
TNI Danpos Karossa Pelda Usman, saat dilokasi banjir setinggi 1 meter Desa Kambunong Kecamatan Karossa Mateng
Tak hanya banjir, beberapa rumah warga juga rusak akibat diterjang angin kencang. Badai tersebut melanda kawasan Desa Babana Kecamatan Budong-Budong. 

"Angin terjadi sebelum turun hujan tadi malam," jelas Rizky, Kamis (22/3).  

Selain banjir dan badai angin, kabupaten pemekaran Mamuju itu juga dilanda bencana longsor. Kata Rizky, tim gabungan TRC, Tagana, TNI dan Polri, berada di titik longsor di Desa Tabolang. Material longsor telah menutupi sebagian jalan trans Sulawesi. 

"Kita fokus berjaga disini menghindari korban jiwa dan kemacetan panjang," ujarnya. 

Kerugian material akibat bencana alam belum dipastikan. Saat ini TRC sedang mengidentifikasi dampak dan kerugian yang ditimbulkan. 

"Semua titik bencana masih diidentifikasi. Selanjutnya akan dikaji tim assesment," katanya.

Kepala BPBD Mateng Rahmat Syam memerintahkan seluruh tim untuk bersiaga 1. Ia meminta agar kewaspadaan ditingkatkan mengingat Mateng adalah langganan banjir. 

"BPBD harus selalu bersiaga dalam hal tanggap bencana. Sejak kemarin saya sudah sampaikan pada TRC untuk siaga 1," kata Rahmat via whatsapp yang sedang mengikuti rapat kordiansi penerima hibah rehabilitasi dan rekonstruksi seluruh pimpinan BPBD di Mataram. (jml/riz)

comments