Lapas Kelas II B Polman Miliki Perpustakaan

On Senin, Maret 26, 2018

MASALEMBO.COM

Perpustakaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Polewali Mandar (Foto: Asrianto/masalembo.com)
POLEWALI, MASALEMBO.COM - Warga binaan di Lembaga Permasyarakatan Kelas II B Polewali Mandar, akan bisa menghabiskan waktunya dengan membaca buku. Hal ini menyusul adanya perpustakaan Taman Baca Masyarakat Cerdas KBM Binardi, yang berada di samping Masjid lapas. 

Salah satu pegawai lapas, Asriani Dermawan  mengatakan ruang perpustakaan ini didirikan agar bisa dimanfaatkan narapidana untuk menambah pengetahuan mereka.

Saat ini, Perpustakaan memiliki lebih dari 400 koleksi buku. Buku-buku tersebut, menurutnya, kebanyakan berasal dari bantuan berbagai pihak donatur dan pemerhati literasi.

Warga binaan bisa meminjam dan membawa ke ruang blok masing-masing. Tapi mereka diberi waktu, karena nanti bukunya rusak atau hilang. 

"Semua jenis buku ada. Baik  buku agama, hukum, buku pelatihan ketrampilan, dan buku pengetahuan umum. Yang tidak ada, buku porno," katanya.

Seorang warga binaan, Sukri mengaku setiap hari datang uantuk membaca. Ia mengaku sangat senang adanya perpustakaan ini.

"Sangat baik dan membantu untuk menghilangkan rasa stres dan jenuh. Dengan membaca banyak ilmu didapat dan menambah ilmu pengetahuan," ujarnya, Senin (26/3).

Saat ini jumlah penghuni Lapas Kelas II B Polman sebanyak 264, terdiri dari 243 laki-laki dan 21 perempuan. (ant/har)

comments