Perbaikan APBDes Belum Rampung, DD Masih Tertahan

On Senin, Maret 26, 2018

MASALEMBO.COM

 Harun Nirwandi (Foto: Kedi Liston Parangka/ masalembo.com)
MAMASA, MASALEMBO.COM - Proses pencairan tahap pertama dana desa (DD) Kabupaten Mamasa tahun 2018 belum dapat dilakukan. Hal ini dikarenakan masih terdapat sejumlah desa yang belum melakukan perbaikan APBDes.

Informasi ini diutarakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Mamasa, Yahya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (26/3/18). "Syarat pencairan DD yaitu APBdes, RAB tahun 2018 harus rampinh dulu dan SPJ tahun 2017 harus sudah selesai," katanya.

Ia menyampaikan saat ini anggaran dana sudah ada di dinas pengelola keuangan tinggal di ajukan permohonan pencairan jika semuanya administrasi desa sudah lengkap.

Senada itu Kepala Seksi Kelembagaan Kerjasama Desa dan Sarana Prasarana PMD Mamasa, Harun Nirwandi menjelaskan untuk penyaluran DD tahap pertama baru ada beberapa desa yang dianggap bersyarat untuk diajukan pencairan anggarannya ke dinas pengelola keuangan.

"Tentu kalau administrasi pemerintah desa belum bersyarat, kami tidak akan berani ajukan permohonan pecairan DD-nya," jelasnya.

Ia mengatakan jika, dari 181 Desa dan kelurahan hanya ada 15 Desa yang bersyarat untuk di ajukan ke pengelola keuangan untuk pencairan Dana Desanya. "Karena yang belum bersyarat, karena APBdesnya belum masuk,"

Ia menambahkan proses asistensi APBDes sudah dilakukan beberapa waktu lalu, namun karena masih terdapat sejumlah kesalahan maka diberikan kesempatan kepada pemerintah desa untuk dilakukan perbaikan. (klp/har)

comments