Pohon Tumbang Palang Jalan, TRC BPBD Mateng Turun Tangan

On Jumat, Maret 02, 2018

MASALEMBO.COM

Pohon tumbang menutup badan jalan (Foto: Jamal Tanniewa/masalembo.com)
MATENG, MASALEMBO. COM- Pohon kayu yang diperkirakan sudah tua tumbang dan melintang di jalan, Kamis (1/3), pukul 14.00 WITA.

Kondisi tersebut menghambat arus lalulintas di poros Tumbu Desa Topoyo Kecamatan Topoyo, Mamuju Tengah (Mateng). Beruntung kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa. 

Akses jalan kembali normal setelah pohon dievakuasi Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mateng.

Komandan Regu B TRC Rizky Ilhamsyah menjelaskan, pembersihan pohon menelan waktu 15 menit. Setelah itu jalan berhasil dibuka. Batang pohon dan ranting yang menutupi badan jalan dievakuasi ke tepi. "Akses jalan sempat macet beberapa menit," katanya. 

Rizky menduga pohon tersebut tumbang karena usianya sudah tua. Sebab bekas patahan di batang terlihat sangat rapuh. "Makanya pohon itu tidak mampu menahan beban. Beruntung tidak ada kendaraan lewat saat rebah ke jalan," ungkapnya. 

Hanya saja di sepanjang Poros Tumbu masih banyak pohon tua yang mengancam keselamatan pengendara. Ancaman itu membutuhkan tindakan pencegahan dini. Jika saja warga menemukan pohon yang berpotensi tumbang, segera dilaporkan ke BPBD. Termasuk ancaman di halaman rumah. "Supaya kami bisa segera memberi tindakan," ucapnya. (jml/riz)

comments