Rangsang Semangat Belajar, PT SRL1 Galakkan Kelas Inspirasi

On Jumat, Maret 02, 2018

MASALEMBO.COM

Suasana Kelas Inspirasi SD PT Surya Raya Lestari 1 (Foto: Edison/ masalembo.com)
PASANGKAYU, MASALEMBO.COM - Kelas Inspirasi adalah gerakan turun ke Sekolah Dasar (SD) untuk berbagi cerita, pengalaman kerja dan motivasi dalam meraih cita-cita. Sehingga cerita tersebut merangsang tumbuhnya cita-cita tanpa batas dalam diri peserta didik.

Hal itulah yang digalakkan para karyawan PT Astra Agro Lestari sejak awal pembangunan kebun sawit di Pasangkayu. Dimana para karyawan menyambangi sejumlah sekolah dasar, SLTP hingga SLTA untuk memberikan motivasi pada peserta didik. Mereka menyebutnya Astra Berbagi Ilmu (ABI). 

Kali ini, PT Surya Raya Lestari 1 (SRL1) kembali menghidupkan kegiatan yang sempat terbengkalai itu.

CDO PT SRL1, Silmi Nathar mengatakan, saat ini tengah berlangsung beberapa kegiatan, yakni kelas ABI lingkungan dan K3 di SD Inpress Duripoku di Desa Bulumario dan pembelajaran dasar-dasar agrobisnis tanaman kelapa sawit di SMK 1 Sarudu. 

"Sebenarnya program ini sudah berlangsung sekitar 3 bulan lalu, dengan melakukan bimbingan belajar persiapan Olimpiade MIPA bagi siswa sekolah dasar yang dipusatkan di SD Inpres Sarudu I," ungkap Silmi, saat ditemui di ruangannya, Jumat (2/3).

Menurutnya, dalam menghidupkan kembali program ini diawali dengan silaturrahmi ke sejumlah sekolah, berbincang dengan guru dan kepala sekolah seputar kebutuhan mendesak tiap sekolah.

"Untuk memperluas jangkauan, saat ini kami lakukan dulu pendekatan secara persuasif sekaligus memperkenalkan kembali program kelas Inspirasi ini," ujarnya.

Demi menopang semuanya, lanjut Silmi, saat ini personil Information Tekhnologi (IT) PT SRL1 juga telah turun membantu SMPN 1 Sarudu dan SMPN 1 Duripoku untuk menata kembali perangkat komputer sekolah tersebut. 

"Itu komputer yang belum sempat digunakan karena memerlukan penataan jaringan. Dimana pengaktifan kembali jaringan PC sekolah itu sangat diperlukan dalam menghadapi ujian nasional online yang sebentar lagi digelar," katanya. 

Ia berharap, kegiatan ini dapat berkelanjutan sebagai sumbangsih PT SRL1 kepada masyarakat agar anak-anaknya kelak dapat tumbuh menjadi pemuda yang cerdas dan berpendidikan tinggi. (eds/tfk)

comments