Sambut HUT PT AAL, SRL1 Lakukan Penghijauan

On Minggu, Maret 25, 2018

MASALEMBO.COM

Karyawan SRL1 duduk bersama usai baksos tanam mangrove (Foto : Edison / masalembo.com)
PASANGKAYU, MASALEMBO.COM — Dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) PT Astra Agro Lestari (AAL) ke-30, PT Surya Raya Lestari (SRL) 1 kembali menggelar bakti sosial dengan menanam 1.000 pohon Mangrove di sepanjang pantai Cinoki, Kecamatan Sarudu', Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Sabtu (24/3).

Selain Mangrove, PT SRL1 juga menanam pohon langka Ebony atau kayu hitam sebanyak 200 pohon di sekitar area pelabuhan Cinoki.

Kegiatan dihadiri Administratur (Adm) PT. SRL1 Yayat Ruhiyat, CDAM Area Celebes 1 (C1) H Budi Sarwono, Kapolek Sarudu AKP Sukaryono dan Camat Sarudu, Hasan.

Baksos yang dimulai pukul 06:00 Wita itu, juga melibatkan seluruh staf PT SRL1 terdiri dari Karyawan Administrasi dan Teknik, serta bekerja sama dengan guru dan siswa SMA Negeri 1 Sarudu. Dimana penanaman ini diawali dengan berjalan santai kurang lebih dua kilo meter, dimulai di lapangan Sempo menyusuri pantai Sarudu dan finish di pelabuhan Cinoki.

Usai "Breakfast" dan pembagian "doorprice" peserta kemudian diarahkan untuk menanam kayu Ebony sekitar 200 pohon dan dilanjutkan dengan penanaman Mangrove di pantai Cinoki.

Dalam sambutannya, Adm PT. SRL1, Yayat Ruhiyat menuturkan, kegiatan penanaman ini diharapkan dapat menyadarkan masyarakat untuk lebih mencintai alam.

“Tugas berat untuk tim SRL1 adalah merawat dan memastikan tanaman tersebut betul-betul tumbuh dengan baik, sehingga lingkungan sekitar pelabuhan semakin hijau, sehingga kelak dapat dinikmati dan bermanfaat bagi kita semua, hingga generasi ke depan," tuturnya.

Di kesempatan yang sama, CDAM PT SRL 1 H. Budi Sarwono juga menyampaikan, bahwa di usianya yang ke-30 ini secara keseluruhan PT. AAL mencanangkan penanaman pohon Mangrove sebanyak 30.000 pohon, pohon langka 30.000, duta konservasi 30 orang, AAL mengajar 3.000 jam, beasiswa dan sunatan.

“Apa yang telah dicanangkan pusat, diharapkan dapat diaplikasikan semua anak perusahaan PT. AAL tepat waktu, dengan kekompakkan dan semangat yang sama,” ungkapnya.

Sementara, Camat Sarudu, Hasan, dalam sambutannya sangat mengapresiasi managemen PT. SRL1 yang konsisten dalam melakukan penghijauan. Dirinya menilai, PT tetangga Astra yang notabene lebih dulu membuka lahan di Sarudu saja, belum pernah melakukan kegiatan seperti ini.

“Saya berharap, kegiatan ini berkelanjutan, sehingga masyarakat Kabupaten Pasangkayu khususnya Sarudu, dapat merasakan keberadaan perusahaan dalam memperhatikan lingkungan sekitar,” tandasnya.

Ditempat tersebut juga, Kapolsek Sarudu Sukaryono, sangat berterima kasih atas kegiatan penghijauan yang dilakukan oleh PT. SRL1, terlebih saat sekarang ini, abrasi di daerah pantai semakin cepat.

“Semoga apa yang kita lakukan hari ini dapat bermanfaat bagi semua dan generasi ke depan. Selain itu, secara pribadi, saya akan sering meninjau dan mengunjungi pohon yang telah kita tanam ini," ungkapnya.

Kapolsek menyampaikan kepada semua pihak yang hadir, untuk bersama-sama melakukan Deklarasi Anti Hoax, sesuai yang dicanangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pasangkayu beberapa waktu lalu. (eds/tfk) 


comments