Terkait Temuan PT TIP, DLH Pasangkayu Masih Menunggu Hasil

On Rabu, Maret 21, 2018

MASALEMBO.COM

Kepala DLH Pasangkayu, Jamal (Foto : Edison /masalembo.com) 
PASANGKAYU, MASALEMBO.COM — Temuan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) bersama tim gabungan beberapa waktu lalu, hingga kini masih belum ada kejelasan.

"Saat ini kami masih menunggu hasil dari tim . Apa lagi persoalan PT Toscano Indah Pratama (PT TIP, red) ini sudah ditangani langsung provinsi dan telah diketahui kementerian," ungkap Jamal, Kepala DLH Kabupaten Pasangkayu, Selasa (20/3).

Kendati demikian, kata dia, sejauh ini telah dibuatkan berita acara dari tim gabungan yang terdiri dari DLH kabupaten, provinsi dan pihak kepolisian.

"Hasil pemeriksaan telah kami tuangkan dalam berita acara dan saat ini telah turun penegakan hukum dari kementerian melalui DLH provinsi," jelasnya.

Sementara untuk dampak lingkungan terkait aktivitas PT TIP, diakui tetap ada. Namun, semua itu telah diminta untuk segera dibenahi.

"Dampak lingkungan tetap ada, terutama bau limbah itu sendiri. Namun kami sudah merekomendasikan agar PT TIP segera membenahi, salah satu caranya dengan menanam pohon guna mengatasi bau," bebernya. 

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu tim gabungan menemukan aktivitas PT TIP yang dianggap membahayakan serta tidak mengantongi izin. Salah satunya, pemanfaatan air sungai dan penambahan kolam limbah sehingga DLH Kabupaten Pasangkayu mengeluarkan surat rekomendasi ke Dinas Perizinan Kabupaten Pasangkau untuk ditindaklanjuti ke PT TIP. (eds/tfk) 


comments