Terputus, Jalan Trans Sulawesi Desa Tabolang Dialihkan

On Sabtu, Maret 24, 2018

MASALEMBO.COM

Jalan terputus usai jembatan 'box culvert' runtuh (Foto: akun facebook Hasan Basri)
MATENG, MASALEMBO.COM -  Tingginya curah hujan di Mamuju Tengah mengakibatkan debit air sungai Budong-Budong meningkat.  

Selain banjir dan tanah longsor terjadi di sejumlah titik, Jalan Trans Sulawesi juga mengalami kerusakan di Desa Tabolang, Kecamatan Topoyo. Penghubung antar provinsi ini terputus sekitar 10 hingga 15 meter dengan kedalaman mencapai 6 meter. 

Kepala Desa Tabolang Rustam, mengatakan, kejadian sekira pukul 10 Wita, Kamis (21/3). Menurutnya, jembatan box culvert tidak mampu menahan luapan sungai sehingga terbawa arus. 

"Di situ ada box culvert karena air terlalu deras sehingga tidak mampu bertahan," kata Rustam, Jumat (22/3).

Untuk dapat melewatkan kendaraan, saat ini Jalan Trans Sulawesi Poros Mamuju-Pasangkayu dialihakan ke jalan alternatif ke desa Tangkau.

Terpisah, Kepala BPBD Mateng Rahmat Syam menjelaskan, pihaknya sudah menyampaikan ke dinas terkait untuk ditindak lanjuti. "Kami sudah koordinasi dengan PU dan menyampaikan ke BPJN sebab ini mengenai jalan nasional," ucapnya. 

Rahmat menyakinkan, Jalan Poros Trans Sulawesi yang terputus akan ditangani oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN). (jml/har)

Berikut adalah video amatir detik-detik runtuhnya jembatan 'box culvert' yang berhasil direkam oleh seorang warga. Video ini diunggah ke media sosial facebook oleh akun Hasan Basri. 




comments