Warga Australia 67 Tahun Keliling Sulawesi Gunakan Sepeda

On Minggu, Maret 11, 2018

MASALEMBO.COM

Damien Clifford (Foto: Jamal Tanniewa/masalembo.com)
MATENG, MASALEMBO.COM - Warga Australia 67 Tahun Keliling Sulawesi Gunakan Sepeda warga Australia Damien Clifford (67) manfaatkan masa pensiunnya berkeliling Indonesia. 

Penggemar bersepeda ini hendak mengelilingi Pulau Sulawesi wilayah bagian timur. Damien mulai mengayuh sepeda sejak Senin (5/3). Ia start dari Karebosi Makassar dan tiba di Mamuju Tengah, Sabtu siang (10/3). Meski usianya tak muda lagi, tapi masih mampu mengayuh sepeda dari Makassar hingga Mateng. 

"Ini sudah empat kali, saya ke Indonesia bersepeda, di tempat yang berbeda," kata Demien yang masih terbata-bata menggunakan Bahasa Indonesia. 

Selama lima hari perjalanan Ia tak menemukan kendala berarti. Kecuali rute Mamuju-Mateng, diakui telah menyita banyak waktu. Ia telah menghabiskan 13 jam karena harus menaklukkan sejumlah tanjakan. "Dari Mamuju saya start jam enam pagi, tapi banyak gunung jadi lama di jalan," katanya. 

Sepanjang perjalanan, Damien terkesima menyaksikan keindahan panorama alam. "Pulau ini sangat indah dan penduduknya ramah," ungkapnya.    

Ayah beranak empat itu rencana melanjutkan perjalanan ke Palu hingga Manado, Minggu (11/3). Dari Manado kembali ke Jakarta. "Besok saya lanjutkan perjalanan, jadi malam ini (Sabtu  malam,red) saya beristirahat di Topoyo," jelas Demien usai menikamati kopi minuman favoritnya. 

Pria jangkung itu menambahkan, Juli mendatang Ia berencana bersepeda ke Flores, Sumatera, Bali dan Jogja. Ia tak khawatir berkeliling karena pernah bertugas di kedutaan Australia tahun 1982 hingga 1985. Tiga tahun kemudian kembali lagi ke Indonesia dan bertahan hingga 1992. Memasuki usia 55 tahun Demien pensiun. Walau demikian dia aktif mendampingi program sanitasi dan air bersih di sejumlah daerah. Kini masa pensiunnya digunakan untuk berkeliling menggunakan sepeda. (jml/riz) 

comments