Bawaslu Sulbar Giat Kampanye "Goes to School"

On Senin, April 09, 2018

MASALEMBO.COM

Ketua Bawaslu Sulbar Sulfan Sulo hadiri kampanye "goes to school" (foto: Kedi Liston Parangka/masalembo.com)
MAMASA, MASALEMBO.COM - Kampanye pendidikan demokrasi bagi pemilih pemula gencar dilakukan Bawaslu Provinsi Sulbar di enam kabupaten. Kampanye bertajuk Bawaslu "Goes To School" ini juga tiba di Mamasa, Kamis (5/4). Kegiatan tersebut menyasar pelajar SMA dan sederajat untuk memberikan pemahaman pendidikan pemilihan yang jujur dan adil.

"Ini merupakan upaya menanamkan nilai nilai demokrasi yang jurdil bagi siswa/siswi SMA atau sederajat. Nilai nilai pemilihan yang jurdil itu ialah bagaimana caranya tidak menerima politik uang," tutur Ketua Bawaslu Sulbar, Sulfan Salo saat ditemui awak media.

Ia menjelaskan kegiatan yang dilakukan juga bertujuan memberi pemahaman kepada peserta untuk menjaga kualitas pemilu, sehingga jika terjadi pelanggaran dalm proses pemilu maka peserta yang hadir dapat menjadi pelapor.

"Untuk Mamasa, 1 orang mengawasi sampai 100 orang, hal ini sangat tidak efektif karena jumlah pengawas pemilihan yang ada sangat sedikit," jelasnya.

Ia menambahkan dengan peserta yang hadir diharapkan dapat melakukan pengawasan pemilihan secara partisipatif.

Kegiatan tersebut diikuti puluhan peserta  dengan materi yang diberikan antara lain pengawasan pemilu partisipatif, peran pemilih pemula dalam pengawaaan partisipatif, penanganan pelanggaran pemilu, titik rawan dan fokus pengawasan pemilu. (klp/har)

comments