Dewan Pendidikan, Roadshow Penguatan Komite Sekolah

On Sabtu, April 07, 2018

MASALEMBO.COM

Roadshow Dewan Pendidikan Mamuju di sejumlah kecamatan (foto: awal/masalembo.com)
MAMUJU, MASALEMBO.COM - Dewan Pendidikan Kabupaten Mamuju kembali menggelar roadshow ke sekolah-sekolah. Kali ini dua kecamatan menjadi sasaran, yakni Papalang dan Sampaga.

Ketua Dewan Pendidikan Mamuju Hajrul Malik mengatakan, secara umum tujuan roadshow adalah untuk pencapaian standar nasional pendidikan. Target ini kata Hajrul,akan dicapai dengan mendorong penguatan komite sekolah.

"Kami harapkan sekolah dan komite berjalan beriringan dan menjalin kerjasama dengan baik. Jika ini bisa dilakukan, yakin saja pembangunan pendidikan di sekolah bisa tercapai," ujar Hajrul Malik melalui pesan elektronik (6/4).

Dijelaskan, penguatan peran komite sekolah harus dilakukan mengingat selama ini banyak yang tidak aktif. Selain itu, banyak pula komite sekolah yang sejak lama  belum pernah diganti. "Itu yang kita coba selesaikan. Mengembalikan peran-peran komite sekolah untuk menyukseskan target pendidikan nasional. Itulah makanya kami lakukan roadshow di kecamatan dengan menghadirkan KCD, pengawas, penilik, kepala sekolah, dan komite sekolah sendiri," terang Hajrul.

Turut hadir pada roadshow, Wakil Ketua Dewan Pendidikan Bakhtiar, anggota Dewan Pendidikan Suparman Supo dan Muh Sholihin.

Dalam kesempatan tersebut, Suparman Supo membawakan materinya tentang penguatan komite sekolah. "Inti tugas dan tanggungjawab komite sekolah sudah diuraikan secara jelas dalam  Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016. Dimana di dalamnya juga dijelaskan komite sekolah berkedudukan di tiap sekolah, berfungsi dalam peningkatan pelayanan pendidikan, menjalankan fungsinya secara gotong royong, demokratis, mandiri, profesional, dan akuntabel," tandas Suparman. 

Sebelumnya Dewan Pendidikan Kabupaten Mamuju juga melakukan roadshow penguatan peran komite sekolah pada lima kecamatan. Antara lain, Kecamatan Tommo, Tapalang, Tapalang Barat, Mamuju dan Simboro. (awl/har)

comments