Sebar Virus Literasi, Babinkantibmas Dirikan Rumah Baca

On Kamis, April 05, 2018

MASALEMBO.COM

Brigpol Muhlis (Foto: Asrianto/masalembo.com)
POLEWALI, MASALEMBO.COM - Seorang Bibinkantimas mengabdikan waktunya untuk berdedikasi membangun sebuah taman baca dan mengajar kepada masyarakat di wilayah tempatnya bertugas.

Ia adalah Brigpol Muhlis, anggota Polsek Polewali yang bertugas sebagai Babinkantibmas di wilayah Kelurahan Darma dan Pekkabata.

Brigpol Muhlis mengatakan, inisiatif ini muncul saat melihat beberapa anak muda yang keluyuran, sehingga ia bersama tokoh masyarakat membuat taman baca yang diberi nama taman baca "dewantara".

Untuk mensiasati, ia membagi waktu antara tugas dikantor dengan mengajar di taman baca ini. 

"Sesibuk apapun, saya luangkan waktu. Kalau tidak ada kesibukan berarti dalam penugasan, saya luangkan waktu mengajar kepada anak-anak disini," ujar Muhlis.

Setiap hari, taman baca ini selalu didatangi anak-anak warga sekitar. Stok buku di taman baca dewantara ini didapat dari para donatur dan komunitas pemerhati literasi.

Sementra itu, Baim, selaku pemilik lahan taman baca mengatakan, awalnya ia bersama Babinkantibmas mendirikan taman baca untuk mengajak kepada anak-anak generasi muda agar tidak keluyuran.

Kehadiran taman baca ini sangat membantu masyarakat sekitar sini. Bukan hanya anak-anak, bahkan mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA, bahkan kaum ibu-ibu pun sering datang kesini untuk meminjam buku untuk dibawa kerumah untuk dibaca. 

"Begitupun dengan anak-anak yang lain bersekolah, jika mereka mempunyai tugas atau pekerjaan rumah dari sekolah, mereka baisa datang kesini meminjam buku dan mencari soal jawabannya disini," kata Baim. 

Namun sayangnya, taman baca ini belum ditunjang dukungan dari Dinas Pendidikan. Pihak pengelola taman baca Dewantara mengatakan, mereka pernah mengajukan proslposal untuk mendaptakan bantuan, namun pihak Dinas Pendidikan menyarankan untuk melampirkan legalitas taman baca ini.
  
Kedepan, taman baca ini akan dibenahi, agar anak-anak bisa lebih nyaman lagi seperti ini. Pihak pengelola berharap, taman baca ini juga mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah agar bisa memperhatikan taman baca ini. (ant/har)

comments