Ketika Postingan Icha Dianggap Lecehkan Perawat

On Selasa, Mei 08, 2018

MASALEMBO.COM

Sejumlah perawat dan keluarga pasien Icha saat meminta klarifikasi postingan facebook (Foto: Awal Dion Saputra/masalembo)
MAMUJU,MASALEMBO.COM - Nur Azisa, panggilan Icha. Salah satu pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mamuju memposting status di akun sosial facebook. Tak disangka, postingan tersebut berujung murka perawat di daerah ini. Mereka menganggap status Icha itu adalah pelecehan bagi profesi keperawatan.

Icha tengah dirawat di ruang Edelweis kamar I, terbaring sakit sejak dua hari lalu. Entah apa dibenaknya saat memposting curhatannya di laman facebook dan juga whatsaap miliknya.

Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Mamuju Provinsi Sulbar, Saharudin yang mendapat informasi tersebut langsung mendatangi pasien Icha dan meminta klarifikasi terkait postingannya di medsos.

Dari keterangan Saharudin pasien merupakan warga Kabupaten Polewali Mandar (Polman) yang tinggal di Mamuju. Kata Saharuddin, Icha sedang bekerja di salah satu dealer motor. Pasien Icha masuk rumah sakit sejak dua hari lalu dengan keluhan sakit bagian perut. Petugas medis yang menangani baru saja melakukan operasi terhadap gadis 24 tahun tersebut.

Tak lama usai operasi, pasien Icha menulis status di fecebook dan whatsaap miliknya yang intinya kata Salahudin telah melecehkan propesi perawat. "Dia (Icha) menulis dengan mengatakan sandalku lebih mahal dari pada gajimu (perawat, red)," kata Saharuddin, Sabtu (5/5) malam.
Postingan Icha di facebook (sumber: tangkap layar akun Ica Ilepong Bobohotz) 
Akibatnya, puluhan perawat yang tinggal di Mamuju keberatan atas status postingan tersebut dan langsung mendatangi pasien yang sementara masih dalam perawatan di rumah sakit. Para perawat meminta klarifikasi terkait postingan itu. "Kemungkinan pasien lagi stres saat itu," ungkap Saharuddin.

Sementara pihak keluarga maupun pasien Icha sendiri, telah mengakui kesalahannya. Ia pun meminta maaf. 

"Pasien (Icha) telah menyesali perbuatannya dan telah meminta maaf," terang Salaruddin.

Kakak kandung pasien Suprianto di hadapan puluhan perawat juga minta maaf. Ia mengaku menyesali perbuatan adiknya yang melecehkan profesi perawat dengan kata-kata tidak sopan.

"Saya meminta maaf atas kelakukan adik saya yang memposting status di fecebook," kata Suprianto.

Permintaan maaf pasien bukan hanya di fecebook. Ia juga terlihat rekaman video yang tersebar di akun Watshap. Icha bersama keluarganya meminta maaf dan menyesali postingannya. (awl/har)

comments