Foto: Seorang Mahasiswa Mamuju Tergeletak di Jalan

On Jumat, Mei 25, 2018

MASALEMBO.COM

Seorang mahasiswa tergeletak di jalan saat menggelar aksi teatrikal (Foto: Awal/masalembo.com)

MAMUJU, MASALEMBO.COM -Tampak dalam foto seorang mahasiswa tergeletak di jalan. Gambar itu diambil jurnalis masalembo.com saat mahasiswa HMI Mamuju menggelar aksi unjuk rasa, Jumat (25/5).

Aksi ini sebagai buntut atas pemukulan kader HMI oleh oknum kepolisian di gedung istana Negara RI di Jakarta beberapa hari lalu.

Puluhan mahasiswa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manakarra ini menggelar aksi unjuk rasa di simpang empat tak jauh dari kantor Mapolda Sulbar, Jumat sore. Mereka menggelar aksi teatrikal dan tampak salah satu dari mereka merebahkan diri ke jalan tanpa mengenakan baju.

Kordinator aksi Arman Ibnu Ayatullah saat melakukan orasi mengatakan, dirinya mengutuk keras oknum polisi yang melakukan pemukulan terhadap kader HMI saat menggelar unjuk rasa di depan gedung Istana Negara beberapa.

Menurutnya, institusi Polri telah tercoreng dengan adanya oknum polisi yang melakukan tindakan kekerasan. Kata dia, semestinya sebagai pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat polisi tak melakukan tindakan refresif kepada mahasiswa.

"Kami mengutuk keras oknum polisi yang melakukan pemukulan terjadap kadar HMI beberapa hari lalu," ujarnya

Dalam orasinya mahasiswa juga meminta Kapolri agar memproses  seadil-adilnya oknum anggota Polri yang melakukan tindakan kekerasan terhadap kader HMI. Mereka meminta pembinaan mental terhadap setiap anggota polisi agar tidak bertindak layaknya kaum barbar.

Tak lama melakukan aksi, Kabid Humas Polda Sulbar AKBP Mashura menemui massa aksi. Saat bertemu Mashura mengucapkan turut prihatin atas kejadian tersebut. Dirinya mengatakan, ada pihak internal Polri yang khusus menangani terhadap anggota Polri yang diduga melanggar kode etik, yakni Propam. 
Selain itu kata Mashura apa yang menjadi tuntutan massa nantinya akan disampaikan kepada Kapolda Sulbar untuk dilaporkan ke pusat.

"Insya Allah apa yang menjadi tuntutan adek-adek kami akan sampaikan kepusat," katanya.

Dalam aksi kali ini Kabid Humas Polda Sulbar AKBP Mashura dan jajaran personil serta massa bersama duduk melantai di halaman Mapolda Sulbar. Polisi dimpin Mashura tampak mendengarkan aspirasi massa aksi.

Usai menyampaikan tuntutan, massa kemudian membubarkan diri dengan pengawalan aparat kepolisian. (awl/har)

comments