Napiter dari Mako Brimob Depok Ini Jadi Guru Ngaji di Lapas Polewali

On Rabu, Mei 30, 2018

MASALEMBO.COM

Rudi Haruna Rasyid (paling kiri) mengajar ngaji di Lapas Kelas II B Polewali (Foto: Asrianto/masalembo.com)



POLEWALI, MASALEMBO.COM -  Seorang napi teroris (napiter) di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Polewali jadi guru ngaji. Ia mengajar cara membaca Al Qu'an dengan benar kepada narapidana lainnya dalam Lapas.

Namanya adalah Rudi Haruna Rasyid. Ia merupakan napiter Poso yang menjalani masa hukuman di Lapas Kelas II B Polewali. 

Setiap hari, Rudi mengajar mengaji rekan-rekannya sesama napi. Biasanya kegiatan itu dilakukan di masjid atau di dalam blok tahanan.Rudi mengajar pagi atau setelah duhur hingga ashar tiba. Selain itu, ia juga berdakwah menyampaikan siraman rohani kepada para narapidana.

Salah seorang rekan, mengaku menyambut baik kegiatan tersebut. Sebab, sebelumnya mereka tidak bisa mengaji apalagi menghafal. Kehadiran Rudi membuat mereka lebih fasih baca Al Qur'an.

"Alhamdulillah, sejak saya diajar, sudah bisa mengaji pak. Kami juga diajarkan tajwid," kata Irdan, rekan satu kamar Rudi.

Sementara, Rudi hanya mengaku, dimanapun berada dia akan selalu menyempatkan berdakwah dan mengajarkan mengaji.

"Sesuai dengan hadis Rasulullah, sampaikanlah walau satu ayat," singkatnya, ditemui Rabu (30/5) di blok Anggerek Lapas Kelas II B Polewali.

Untuk diketahui, Rudi Haruna Rasyid adalah napiter yang divonis 7,5 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara karena terbukti terlibat dalam pendanaan terorisme di Poso, Sulawesi Tengah.

Ia menjalani sisa masa hukuman di Lapas Kelas II B Polewali selama 3 tahun. 

Sebelum dipindahkan ke Lapas Polewali Mandar, terpidana ini telah menjalani masa hukuman lebih dari satu tahun di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. (ant/har)

comments