Puluhan Pemuda Mateng Ikuti Jambore di Desa Babana

On Selasa, Mei 01, 2018

MASALEMBO.COM

Asisten I Pemkab Mateng Ishaq Yunus menyampaikan sambutan (Foto: Yasin/Humas Pemkab Mateng)
MASALEMBO.COM - Sebanyak 40 pemuda dari lima kecamatan di Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) ikuti Jambore Pemuda Daerah (JPD) yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Mateng melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora).

JPD yang mengangkat tema "Pemuda Mamuju Tengah Mari Bersatu Dalam Bingkai Lalla Tasisara" tersebut dipusatkan di Dusun Mes, Desa Babana di buka oleh Asisten Bidang Pemerintahan Ishaq Yunus, dihadiri oleh Kadis Parpora Mateng, Hj. Asmira Djamal, Camat Budong-budong, Kepala Desa Babana, Kapolsek Budong-budong dan Saiding DPD PPMI (Purna Prakarya Muda Indonesia Sulbar) serta Perwakilan dari Organisasi Kepemudaan.

Kabid Kepemudaan Jasman, menuturkan, kegiatan jambore pemuda ini bertujuan untuk membentuk pemuda agar memiliki rasa kebangsaan dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara, meningkatkan wawasan dan pengetahuan menghadapi era globilasi serta memperkenalkan pemuda akan peluang dan tantangan investasi.

"Jambore Pemuda Daerah ini juga menjadi ajang seleksi jambore pemuda untuk tingkat Provinsi Sulbar," terang ketua panitia JPD, Jasman. 

Jambore pemuda tingkat kabupaten Mamuju Tengah terang Jasman, akan diadakan selama tiga hari mulai tanggal 30 sampai 2 Mei 2018 dengan peserta sebanyak 40 orang. Mereka berasal dari kecamatan dan utusan organisasi kepemudaan.

Sementara, Ishaq Yunus menjelaskan, kegiatan JPD merupakan momentum yang tepat untuk membangun kembali jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan di kalangan generasi muda di Mateng bahkan Nasional.

"Jambore semacam ini bagaikan gerakan penanaman kembali identitas diri pemuda Indonesia yang berwawasan Nusantara," ujar Ishaq.

Menurutnya, pemuda selaku pelaku dan penentu masa depan bangsa, harus memiliki wawasan dan visi kedepan, berperan aktif, bersikap terbuka terhadap kemajemukan masyarakat dan mampu menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

"Pemuda adalah tunas harapan bangsa, pemudalah yang akan melanjutkan daripada stafet kepemimpinan bangsa kedepan. Oleh karna itu pemuda harus disiapkan sejak dini," terang Ishak. (hms/jml/har)

comments