TMMD 102, Kodim 1401 Majene Agendakan Sejumlah Kegiatan Sosial

On Sabtu, Mei 05, 2018

MASALEMBO.COM

Wakapolres Majene, Kompol Muh Arief bersama Dandim 1401 Majene, Letkol Infanteri Rahman saat pimpin rapat koordinasi TMMD (Foto : Taufik / masalembo.com)
MAJENE, MASALEMBO.COM — TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 102 segera digelar di Kabupaten Majene, antara bulan Juni dan Juli. Olehnya itu, berbagai persiapan tengah dimatangkan Kodim 1401 Majene guna menyukseskannya. Hal tersebut disampaikan Dandim 1401 Majene, Letkol Infanteri Rahman, saat rapat koordinasi TMMD dengan sejumlah Kepala Dinas Kabupaten Majene, di aula Kodim, Jumat (4/5).

Berbagai kegiatan sosial yang rencananya akan digelar baik kegiatan fisik maupun non fisik pada TMMD kali ini, akan dipusatkan di Desa Bambangan dan Salutambung, Kecamatan Malunda.

Letkol Infanteri Rahman memaparkan, beberapa kegiatan fisik yang akan dilaksanakan personel TNI diantaranya, perintisan jalan sepanjang 4.000 x 4 meter, pembuatan dekker 6 unit, jamban warga 7 unit, jembatan, dan musallah. Sementara kegiatan non fisik kata Rahman, berupa penyuluhan dan sosialisasi yang akan dilaksanakan otoritas terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), DPPKB, Polres Majene, Dinkes, Dinsos dan Distanakbun.

"Kita tidak hanya akan melaksanakan dan selesai begitu saja. Namun lebih dari itu, kita berharap apa yang kita laksanakan betul-betul memberi arti bagi masyarakat," ungkap Letkol Infanteri Rahman

Menurut Rahman, dipilihnya pembangunan jembatan dan perintisan jalan lantaran dia mengaku prihatin atas kondisi warga Desa Bambangan yang selama ini cukup terisolir.

"Mudah-mudahan setelah jembatan dan jalan itu selesai, menjadi akses yang memudahkan warga," ungkapnya. 

Sementara program non fisik yang akan dilaksanakan para OPD, lanjutnya, berupa penyuluhan Wasbang di balai Desa Bambangan, penyuluhan KB, penyuluhan hukum dan pertanian.

"Kita rencanakan pengobatan juga, khitanan massal dan pemasangan KB. Nanti kita menggunakan ruangan sekolah jika panas. Sukur-sukur kalau donor darah juga bisa dilaksanakan," urainya.

"Adapun pengobatan, nanti akan bekerjasama dengan bagian kesehatan Kodim dan diharapkan Puskesmas terdekat juga ikut," tambahnya.

Paparan rencana Letkol Infanteri Rahman sangat diapresiasi otoritas terkait. Beberapa diantaranya bahkan memberikan berbagai masukan agar kegiatan demikian lebih bernilai.

"Mungkin untuk lebih menarik minta warga datang berobat, baiknya dihadirkan juga dokter ahli pak Dandim. Saya yakin warga akan sangat mengapresiasinya," usul perwakilan DPPKB Majene.

Di tempat yang sama, Wakapolres Majene, Kompol Muh Arief juga menyampaikan apresiasinya. Ia menyebut, Polres Majene akan mendukung penuh kegiatan itu.

"Nanti kita pilih sosialisasi apa yang lebih baik kita sampaikan nantinya. Apakah tentang bahaya narkoba atau yang lain," ujarnya. (tfk) 


comments