-->

Hot News

11 Bagian Mobil yang Harus Dicek Sebelum Mudik Lebaran 2018

By On Minggu, Juni 03, 2018

Minggu, Juni 03, 2018

Ilustrasi mudik (foto: inet)


MUDIK pada Hari Raya Idul Fitri menjadi salah satu tradisi yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia. 

Selain menggunakan transportasi umum, banyak kalangan yang memanfaatkan mobil pribadi untuk mudik Lebaran kendati jarak yang ditempuh cukup jauh dan memerlukan persiapan ekstra, baik fisik pemudik maupun kendaraan yang digunakan.

Perjalanan mudik yang menghabiskan waktu berjam-jam karena jauhnya jarak tempuh maupun kemacetan menimbulkan kelelahan pada pengemudi. Tidak hanya itu, kendaraan juga berpotensi mengalami kerusakan apabila tidak dirawat dan diperiksa sebelum berangkat ke kampung halaman.

Retail Division Head Astra Otoparts-Shop & Drive, Indra Nugraha, menjabarkan 11 bagian mobil yang penting untuk diperhatikan dan diperiksa sebelum melakukan perjalanan jauh. Berikut 11 bagian mobil yang harus diperiksa sebelum mudik Lebaran 2018 menurut Shop & Drive:

1. Oli mesin, transmisi, gardan

Mobil untuk mudik harus selalu menggunakan oli dan dalam kondisi baik. Oli mesin, transmisi, maupun gardan harus selalu dikontrol karena fungsinya yang sangat penting dalam mengurangi gesekan antar komponen.

Mengecek hingga mengganti oli mobil sebelum melakukan perjalanan mudik adalah salah satu cara untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan karena kondisi perjalanan yang tidak terduga.

2. Kelistrikan dan air aki

Sangat penting melakukan pengecekan kelistrikan sebelum mudik untuk mengetahui besarnya arus yang masuk, atau memeriksa adakah kebocoran arus yang dapat membuat aki tidak dapat menyimpan listrik dalam waktu yang lama.

Air aki juga tidak boleh luput dari pengecekan karena akan merusak komponen lain di dalam kendaraan jika mengalami kekeringan.

3. Filter udara

Filter udara harus dibersihkan guna mencegah tarikan mesin berkurang, bahan bakar jadi lebih boros, suara mesin kasar, dan mesin ngadat.

4. Tekanan angin tepat

Tekanan angin yang tepat dapat mencegah ban pecah secara tiba-tiba di tengah perjalanan, membantu jarak pengereman menjadi lebih baik, menciptakan kestabilan mengemudi pada kecepatan tinggi ataupun tikungan, daya tahan ban yang lebih baik, serta ikut menghemat bahan bakar.

5. Air radiator

Peran air radiator sangat vital terhadap sistem pendinginan mesin. Kurangnya air radiator akan menyebabkan mesin panas atau overheat apalagi kendaraan dipacu dalam waktu yang lama dan jarak yang jauh selama mudik.

6. Wiper

Jangan sepelekan kondisi wiper di kaca kendaraan Anda karena fitur ini sangat penting untuk membersihkan kaca dari air hujan, kotoran dan debu yang menempel selama perjalanan mudik.

7. Shock absorber

Shock absorber merupakan komponen pada kendaraan yang berfungsi menyerap guncangan yang timbul saat kendaraan melewati gundukan atau lubang. Supaya perjalanan mudik Anda semakin nyaman, ada baiknya dilakukan pengecekan absorber sebelum perjalanan.

8. Minyak rem dan kopling

Rem merupakan perangkat paling vital dalam kendaraan, sehingga diperlukan pengawasan ekstra pada kinerja rem, termasuk kondisi minyak rem. Minyak rem yang kotor dan berkurang dapat menurunkan fungsi kerja rem.

Selain itu, minyak kopling juga tidak boleh diabaikan karena apabila minyak kopling bocor, mobil juga tidak akan memiliki tekanan yang cukup untuk mengaplikasikan kopling dan memindahkan gigi transmisi.

9. Filter oli dan AC

Filter oli harus diganti secara berkala karena fungsinya yang penting untuk menyaring kotoran pada oli. Filter AC juga wajib diperiksa agar dapat menyaring udara kotor dari luar sebelum didistribusikan ke dalam kabin kendaraan.

10. Sistem penerangan dan lampu

Cek kondisi lampu mobil apakah masih layak digunakan atau tidak. Lampu utama maupun sein memiliki fungsi yang sangat penting, lebih dari sekadar penerangan melainkan sebagai tanda untuk pengendara lain.

Pemudik harus memeriksa sistem kelistrikannya, terutama sambungan kabel, kondisi kabel, serta bohlam, apakah masih layak atau perlu diganti.

11. Semir ban

Meski terlihat sepele, namun menyemir ban mobil secara rutin ternyata membuat ban tampak baru sesuai warna karet ban asli dan menjaga elastisitas ban. Ban yang disemir akan memberikan kesan bersih dan rapi yang menambah kenyamanan Anda dalam perjalanan mudik.

Selain memeriksa 11 poin itu, pemudik juga harus menyiapkan surat-surat kendaraan, ban serep, alat-alat mekanik darurat, serta perlengkapan P3K. 

*Sumber artikel: tirto.id

comments