Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Penyeberangan Mamuju

On Senin, Juni 11, 2018

MASALEMBO.COM

Suasana pemudik di pelabuhan penyebrangan Mamuju (Foto: Awal/masalembo.com)


MAMUJU, MASALEMBO.COM - Memasuki H- 5 lebaran, ratusan penunpang KM Nusantara memadati pelabuhan penyeberangan Simboro, Mamuju.

Pantauan, Senin (11/6), merupakan  pemudik dari Kalimantan yang menggunakan transportasi jalur laut. Mereka ingin pulang berlebaran ke kampung halamannya.

Rahma, salah satunya penumpang  KMP Mandala Nusantara dari Pontianak ini, ingin ke Tinambung (Polman). Ia mengaku dirinya harus rela berdesak-desakan dengan penumpang lain di atas kapal untuk bisa mudik dan berkumpul dengan keluarga di kampung halaman.

Selain berdesak-desakan, Rahma juga mengaku harus rela mengantri hingga berjam-jam untuk membeli tiket. 

"Masih banyak penumpang yang batal berangkat karena kapal sudah penuh," ujarnya.

Kepala Satuan Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Mamuju, Bakhtiar B mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama arus mudik Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) telah mengoperasikan dua kapal yakni KMP Laskar Pelangi dan KMP Mandala Nusantara untuk beroperasi tiap hari.

"Kalau penumpang di sini (Mamuju) tidak ada lonjakan penumpang kecuali dari Kalimantan karena rata-rata pemudik merupakan warga Sulbar yang bekerja di Kalimantan," ujarnya.

Sementara, lonjakan  penumpang arus mudik dari tanggal 8 Juni lonjakan rata-rata 700 hingga 800 perhari dan diprediksi akan mengalami peningkatan pada H-3.

Selain itu, Bakhtiar juga mengaku, untuk mengantisipasi lonjakan arus balik nantinya dirinya telah menyiapkan satu tambahan kapal untuk dua hari, tanggal 15 hingga 17 Juni. (awl/har)

comments