Baznas Mateng Salurkan Zakat ke 180 Fakir Miskin dan 22 Guru Ngaji

On Sabtu, Juli 07, 2018

MASALEMBO.COM

Sambutan Ketua BK DPRD Mateng Hamka saat acara penyerahan zakat oleh Baznas Mateng (Jamal Tanniewa/masalembo.com)


MATENG, MASALEMBO.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Mamuju tengah (Mateng) menyalurkan bantuan zakat kepada fakir miskin, imam dan guru ngaji di Desa Babana, Kecamatan Budong-Budong, Mateng. 

Kepala Baznas Mateng Umar Nur mengatakan, selain sembako yang diserahkan kepada 180 fakir miskin, Jumat(6/7) itu, Baznas juga memberi bantuan uang tunai kepada 22 imam dan guru ngaji yang ada di Kecamatan Budong-Budong.

Umar Nur menambahkan, sejak Januari hingga Juli 2018 pihaknya telah menyerahkan zakat mencapai 1.000 orang fakir miskin di Mateng. "Untuk tahun ini, sudah mencapai seribu fakir miskin," jelasnya saat dikonfirmasi.

Kepala Baznas berharap, bagi umat muslim yang memiliki kemampuan dapat menyerahkan zakat yang selanjutnya akan disalurkan melalui Baznas. “Tentunya kita berharap kedepannya akan lebih meningkat lagi," kata Umar Nur.
Hal serupa disampaikan Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Mateng, Hamka. Ia berharap, umat muslim yang memiliki harta cukup agar menyerahkan sebahagian hartanya bagi warga miskin di daerah ini.

" Bagi muzzaki (pemberi sedekah) agar benar-benar ikhlas, karena dibalik harta kita juga terdapat hak orang miskin. Begitupun sebaliknya, Mustahik (penerima zakat, red) harus merasa bersyukur agar tujuannya bermafaat, " jelas Hamka saat sambutan mewakili ketua DPRD Mateng pada acara penyerahan zakat ini.

Sebagai legislator Mateng, dirinya mengapresesasi bantuan zakat bagi warga miskin melalui Baznas Mateng. Baik bedah rumah, pendidikan, jamban keluarga, kesehatan dan juga kemaslahatan bagi warga miskin, seluruhnya dapat disalurkan melaui Baznas, sebagaimana telah ditegaskan pada Peraturan Pemerintah 14 tahun 2014 yang diatur dalam uu no.3 tahun 2011 tentang pelaksanaan zakat.

Ketua BK DPRD juga berharap Baznas Mateng memiliki website tersendiri, hal itu dimaksud untuk mempermudah dan meningkatkan kepercayaan bagi Muzakki untuk berinfaq atau bersedekah, juga tampak lebih profesional dalam menjalankan amanah.
”Saat ini Baznas sudah bekerja maksimal dan mejalankan amanah secara profesional, namun lebih baik lagi jika memiliki website," tutupnya.  

Selain Ketua Baznas Mateng Umar Nur , Penyaluran zakat juga dihadiri Ketua Komisi II DPRD Mateng Fhatahuddin Al-gafiqhi, pejabat daerah, Camat Budong-Budong, Kepala Desa Barakkang Bahrum Ratte dan Kades Babana Awaluddin Hartono, juga ratusan penerima zakat. (jml/har)

comments