Jelang Hari Raya Idul Adha, Distanak Polman Giat Periksa Hewan Kurban

On Kamis, Agustus 16, 2018

MASALEMBO.COM

Petugas Distanak Polman periksa hewan kurban di Wonomulyo (Asrianto/masalembo.com)

POLEWALI, MASALEMBO.COM - Jelang hari raya Idul Adha, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Polewali Mandar melakukan pemeriksaan kesehatan hewan di pasar hewan Wonomulyo, Selasa (14/8).

Pemeriksaan itu dimaksudkan untuk memastikan kondisi kesehatan dan kelayakan hewan tersebut untuk dikurbankan. Dari hasil pemeriksaan, petugas menemukan beberapa hewan yang tidak layak di kurbankan baik secara syariat islam.

Selain itu, petugas juga menemukan ada kambing yang belum cukup umur untuk dijadikan sebagai hewan kurban. Hal tersebut terlihat dari belum tanggalnya gigi kambing  tersebut.

Dokter hewan Distanak Polman, Isnaniah Bagenda mengungkapkan, secara fisik beberapa hewan tidak layak seperti tubuh agak kurus, tanduk patah, kaki pincang dan cacat pada gigi.

"Sesuai syarat, hewan harus terlihat sehat misalnya tanduk tidak patah, kuping simetris, dan gigi sempurna," ujarnya, usai kegiatan.

Terhadap hewan yang sakit, petugas meminta kepada penjualnya untuk memisahkannya dengan hewan lainnya. Hewan yang sakit juga harus diobati terlebih dulu sampai benar-benar sembuh sebelum dijual kepada konsumen. Sedangkan kambing yang belum cukup umur, dilarang dijual untuk kepentingan kurban.

Sementara itu, terhadap hewan kurban yang sehat dan cukup umur, petugas memberikan tanda berupa surat sertifikat. Para calon pembeli pun diminta untuk membeli hewan yang telah memiliki surat tersebut karena sudah terbukti dalam kondisi sehat dan layak untuk dijadikan hewan kurban. (ant/har)

comments