Pemkab Majene Siapkan 5 Hektar Lahan utuk Pembangunan Lapas

On Jumat, Agustus 03, 2018

MASALEMBO.COM

Kepala Kantor Kemenkumham Wilayah Sulbar saat menemui Bupati Majene (Ashari/masalembo.com)


MAJENE, MASALEMBO.COM - Kementrian Hukum dan Ham (Kemenkumham) wilayah Sulawesi Barat menemui Bupati Majene Fahmi Massiara guna membahas kelanjutan rencana pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Majene.

Kepala Kantor Kemenkumham Sulbar Farida mengatakan, Bupati Majene menyambut baik rencana ini. Kata Farida, pihak Pemda sudah menyiapkan lahan untuk pembangunan Lapas tersebut, "sudah ada beberapa lokasi tinggal kami survei dulu," terang Farida saat ditemui wartawan di Kantor Bupati Majene, Kamis,(2/8).

Menurut Farida, untuk pembangunan Lapas tersebut dibutuhkan lahan sekira 5 Hektar. Dia bilang pihaknya telah mengusulkan rencana pembangunan itu ke Kemenkumham Republik Indonesia

"Tahun ini kita sudah usulkan ke pusat, biasanya belanja modal itu tidak langsung kita ajukan sekarang realisasinya dua tahun kemudian," ujarnya.

Sementara itu Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Majene I Wayan Nurasta mengapresiasi upaya Pemerintah Kabupaten Majene dalam hal ini Bupati Majene Fahmi Massiara.

Wayan mengatakan pembangunan lapas itu anggarannya akan ditentukan Kemenkumham, begitu juga dengan jumlah nominalnya menunggu persetujuan dari Kemenkumham RI.

Kebutuhan pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan jumlah semakin bertambah setiap tahun dipandang perlu adanya lapas yang berkapasitas besar dengan fasilitas pembinaan yang memadai,"Idealnya Rutan Majene berkapasitas 98, namun sekarang sudah 137 orang," ungkapnya

Menurut Wayan Idealnya Rutan Majene harus dilengkapi tempat dan sarana pembianaan yang baik sesuai kebutuhan seperti perkebunan, peternakan dan sarana lainnya.(ash/har)

comments