Permintaan Konsumen tak Sesuai Pasokan Pertamina, LPG 3 Kg Langka di Polman

On Kamis, Agustus 23, 2018

MASALEMBO.COM

Pangkalan gas LPG 3 kilogram (inet)

POLEWALI, MASALEMBO.COM - Sudah hampir sebulan kelangkaan tabung gas elpiji ukuran 3 kilogram kembali terjadi di Kabupaten Polewali Mandar, Sulbar. Kalaupun didapati gas 3 kilogram, harganya jauh lebih mahal dari harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapka oleh pemerintah.

Harga tabung gas ukuran 3 kilogram di pangkalan dijual dengan harga 16-17 ribu per tabung. Sementara harga di tingkat pengecer bervariasi, mulai dari 22 ribu, bahkan hingga 25 ribu per tabung.

"Mahal dan susah didapat. Tadi saya beli 25 ribu per tabung. Ini keliling cari baru dapat," kata Wiwik, seorang ibu rumah tangga.

Sementara Maskur, salah satu petugas pangkalan di Jl. Kartini Polewali mengatakan, kelangkaan ini akibat program tidak tepat sasaran.

"Banyak warga dari kalangan mampu tapi masih menggunakan tabung 3 kilo. Padahal itu kan sudah sangat jelas, tabung 3 kilo hanya diperuntukkan kepada waga miskin," bebernya.

Kata Kartini, jatah gas 3 kilogram di pangkalan miliknya sebayak 500 tabung per minggu, sementara permintaan konsumen semakin meningkat.

Selain itu, permintaan konsumen tidak sesuai dengan pasokan dari Pertamina. 

Untuk mencukupi keadaan tersebut, pangkalan meminta agar pihak Pertamina menambah jarah pasokan ke setiap agen dan pangkalan.

Pantauan wartawan di sejumlah pengecer di kota Polewali, hingga kini, Kamis (23/8), harga rata-rata gas LPG 3 kg masih Rp 22 ribu hingga Rp25 ribu per tabung. (ant/har)

comments