Serahkan Tunai Rp 76 Juta, Habsi Janji Usul Rehab Rumah Korban Kebakaran

On Rabu, Agustus 29, 2018

MASALEMBO.COM

Bupati Mamuju Habsi Wahid mengunjungi lokasi kebakaran Balalinor. Kunjungan ini adalah kali kedua pasca kebakaran (Foto: Humas Setda Mamuju)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Bupati Mamuju H. Habsi Wahid menyerahkan bantuan uang tunai Rp 4 juta per satu rumah tangga korban kebakaran Balalinor, Kasiwa Timur, Kelurahan Binanga. Total bantuan tersebut Rp.76 juta. 

Kepada warga Balalinor yang terkena musibah kebakaran, Bupati Habsi menyampaikan rasa keprihatinan dan memaksimalkan pemberian bantuan untuk mereka.

"Selaku pemerintah rasa prihatin yang sebesar-besarnya atas kejadian ini. Tentu sangat patut kita berikan perhatian kepada para korban. Perhatian ini sifatnya secara langsung berupa paket-paket bantuan makanan, juga kita berikan bantuan tunai untuk digunakan mungkin perbaikan-perbaikan secara darurat,” kata mantan Sekda Mamuju ini.

Selain itu, Bupati juga mengaku akan mengusulkan bantuan untuk rehab total rumah korban yang akan diajukan di anggaran perubahan melalui DPRD. 

Saat kunjungan ini, Bupati Habsi meminta secara langsung Direktur PDAM Mamuju melalui telepon untuk memberikan toleransi kepada korban agar digratiskan pembayaran air selama dua bulan.

Salah satu korban kebakaran, Rauf, menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Mamuju atas perhatian dan bantuan yang diberikan. "Alhamdulillah karena perhatian Bupati, sudah ada dipake (dipakai) untuk memperbaiki rumah, dan membeli kebutuhan yang paling dibutuhkan,” ucapnya.

Selain baruan uang tunai, Pemkab Mamuju melalui Dinas Sosial dan Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga menyalurkan bantuan perlengkapan makan, terpal, perlengkapan dan seragam sekolah, tikar, alat mandi,lauk pauk, paket mainan untuk anak-anak, makanan siap saji dan selimut. BPBD bahkan mendirikan dapur umum selama tiga hari untuk menyiapkan makanan kepada para korban.

Bantuan dari warga Mamuju juga ikut berdatangan. Bantuan tersebut berupa beras, telur, mie instan, minyak, gula, alat mandi, pakaian layak pakai, dan uang. 

Di lokasi kebakaran, tampak satu posko induk. Bantuan yang disalurkan masuk, kemudian melalui posko induk. 

Bupati Mamuju Habsi Wahid usai menyerahkan bantuan uang tunai, juga menyerahkan berkas kependudukan kepada Lurah Binanga. Berkas tersebut untuk dibagikan kepada korban yang berkasnya telah terbakar. (rls/har)

comments