Sosialisasi Pendidikan Non Formal di Mateng, BP PAUD-DIKMAS Harap Singkronisasi Program

On Sabtu, Agustus 11, 2018

MASALEMBO.COM

Asisten I Bidang Pemerintahan Ramlie Salawat (Foto: Yasin/Humas Setda Mateng)


MATENG, MASALEMBO.COM -Pendidikan non formal merupakan suatu alternatif bagi masyarakat yang tidak terlanyani di bangku sekolah, tetapi ia medapatkan pelayanan pendidikan yang sama nilainya.

Bahkan, sejumlah pihak menyebut kini tak lagi ada perbedaan pendidikan formal dan non formal, sehingga hasil dari pendidikan non formal seperti Paket A, B dan C, sudah setara dengan SD, SMP dan SMA.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Balai Pengembang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat  (BP PAUD dan DIKMAS) Provinsi Sulbar Muh Azhar, membenarkan hal tersebut di aula CBB Tabolang, Kecamatan Topoyo, Mamuju Tengah, Jumat(10/8).

Di kesempatan ini Muh. Ashar juga berharap, terjalin singkronisasi program pemerintah baik pusat, provinsi dan kabupaten terhadap kepedulian mendukung program PAUD dan DIKMAS. 

"Kami ingin melihat program-program yang ada di Kabupaten Mamuju Tengah, tentang pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat berjalan baik," kata Ashar.


Peserta antusias ikuti sosialisasi pendidikan non formal di Mateng (Foto: Yasin/Humas Setda Mateng)

Di kesempatan yang sama, Kabid PAUD Dinas Pendidikan Mateng Da'i Sofia mengatakan, sosialisasi yang diselenggarakan ini untuk meningkatkan kapasitas Satuan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (non formal) dalam mengimplementasikan pendidikan keluarga yang berkualitas dan berkesinambungan. Ia juga menyebut untuk menumbuhkembangkan karakter dan budaya berprestasi peserta didik.

"Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan program kerjasama, antar BP PAUD dan DIKMAS dengan pemerintah kabupaten, dalam rangka kesejahteraan pengelolaan pembinaan pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat," kata Da'i

Sementara, Asisten I Bidang Pemerintahan Ramlie Salawat, mengapresiasi penyelenggara dan semua pihak yang mendukung progaram BP PAUD dan DIKMAS.

"Kita ketahui pendidikan keluarga memang sangat penting, karena sasarannya adalah anak-anak. Mereka itu adalah generasi penerus yang akan menentukan arah kemajuan bangsa ini," ungkap Ramlie saat memberikan sambutan sekaligus membuka sosialisasi yang diselenggarakan BP PAUD dan DIKMAS bersama Disdik Mateng.

Ia berharap, peserta sosialisasi sepenuhnya mengikuti agenda hingga tuntas, agar mendapat berkah yang bermanfaat bagi dunia pendidikan. 

Selain Asisten Bidang Pemerintahan Setda Mateng Muh. Ramlie Salawat, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili H. Wardiman, Kasubag BP PAUD dan DIKMAS Sulbar Drs. Muh. Ashar juga dihadiri Kepala BAPPEDA Mateng Ishaq Yunus. (jml/har)

comments