Usai Dilantik, Komjen Syafruddin Gelar Sertijab dengan Asman Abnur

On Rabu, Agustus 15, 2018

MASALEMBO.COM

Komjen Syafruddin (kanan) dengan mantan Menpan RB Asman Abnur (Foto: Karnila Chandi untuk masalembo.com)

JAKARTA, MASALEMBO.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Komisaris Jenderal Polisi Syafruddin menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Acara pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/8)

Ditulis sindonews.com, prosesi pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Lalu acara dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) pelantikan. Usai pembacaan SK, Presiden Jokowi menyumpah Syafruddin.

Dalam sumpahnya, Jenderal Tiga Bintang asal tanah Mandar ini menyatakan, berjanji akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dan berbakti kepada bangsa dan negara.

Suasana sertijab Kemebpan (Foto: Karnila Chandi untuk masalembo.com)

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh Rasa tanggung jawab," kata Jokowi diikuti Syafruddin, dilansir sindonews.com

Sejumlah pejabat negara hadir dalam acara pelantikan ini. Di antaranya Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Panglimasekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan.

Komjen Syafruddin dan Asman Absur saat tiba di acara sertijab Kemenpan RB (Foto: Karnila Chandi untuk masalembo.com)

Adapula Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, Ketua DPR Bambang Soesatyo dan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta Odang.

Syafrurddin dilantik menjadi Menpan RB menggantikan Asman Abnur yang mundur lantaran PAN mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2019.

Usai pelantikan, Komjen Syafruddin mengikuti serah terima jabatan (sertijab) dengan pejabat lama Asman Abnur yang mengundurkan diri. 

Asman Abnur diketahui mengundurkan diri dari jabatan Menpan-RB lantaran partainya yaitu Partai Amanat Nasional (PAN) mengambil posisi oposisi di Pilpres 2019 dengan mendukung Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Reporter RRI Karnila Chandi yang turut meliput kegiatan ini mengatakan, acara sertijab digelar di kantor Kemenpan RB siang ini pukul 12:30 WIB. (har/red)


comments