Api Menghanguskan 3 Hektar Kebun Kopi Milik Warga di Mamasa

On Jumat, September 28, 2018

MASALEMBO.COM

Kebakaran hutan di Mamasa Provinsi Sulbar (Frendy Cristian/masalembo.com)

MAMASA, MASALEMBO.COM - Sekitar 3 hektar lahan perkebunan milik warga di Dusun Lope, Desa Buntubuda, Kabupaten Mamasa, mengalami kebakaran. Api bahkan nyaris merambat ke sejumlah rumah penduduk. Peristiwa ini terjadi, Kamis (27/9) siang.

Api yang cepat membesar dengan tiupan agin kencang membuat warga yang bermukim di sekitar lokasi panik. Mereka berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, termasuk menghubungi pemadam kebakaran.

Beruntung dua unit mobil pemadam kebakaran milik Pemda Mamasa dikerahkan ke lokasi dengan cepat hingga api dapat dipadamkan. Meski demikian lahan perkebunan milik warga hangus dilalap sijago merah.

Seorang warga, Emba mengungkapkan, kejadian berawal sekira pukul 13 :00 wita, dimana saat itu dirinya berada di salah rumah sakit  di kota Mamasa menjenguk keluarganya. Saat mendapat kabar adanya kebakaran di sekitar rumanya ia langsung berlari menuju rumah tersebut.

Api berhasil dikendalikan pihak pemadam, setelah kurang lebih 4 jam.

Kordinator Pemadam Kebakaran, Adrianto, mengatakan, pihaknya medapatkan informasi sekitar pukul 13:00 wita. Ia langsung menggerakan anggotanya menuju lokasi dengan cepat, termasuk  2 unit mobil pemadam kebakaran digerakkan ke lokasi.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian diperkirakan mencapai jutaan rupiah. Kerugian diderita akibat lahan perkebunan warga yang sudah ditanamai tanaman kopi dan pisang hangus terbakar. (frd/har)

comments