Fenomena Semburan Air di Perkebunan Sawit, Ini Kata Kepala BPBD Mateng

On Sabtu, September 29, 2018

MASALEMBO.COM

MATENG, MASALEMBO.COM - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mamuju Tengah, Rahmad Syam menanggapi beredarnya video semburan air di perkebunan kelapa sawit Salugatta, Kecamatan Budong Budong.

Menurutnya, hal tersebut bukan kali pertama terjadi, namun pristiwa sama pernah terjadi di daerah perkebunan sawit Mamuju Tengah.

"Itu kan dulu sudah ada memang hal begitu, beberapa tahun lalu memang sudah pernah terjadi. Sejak kecil saya sudah dapat info begitu, saya kan kecil dan besar di sana, setiap ada gempa memang muncul begitu," kata Rahmat, Sabtu dihubungi melalui telpon seluler.

Rahmat mengatakan, belum bisa memberikan kesimpulan secara pasti terkait fenomena tersebut, namun dirinya memastikan di daerah perkebunan sawit Salugatta tidak ada pipa, baik pipa minyak maupun air PDAM.

Sebelumnya, sebuah video amatir diterima wartawan masalembo.com melalui Watshap. 

Dalam video berdurasi 1 menit 5 detik itu terdengar seorang pria terdengar mempertanyakan apakah fenomena tersebut berkaitan dengan gempa bumi yang terjadi di Sulawesi Tengah.

Dikonfirmasi Kepala Desa setempat, Alimuddin mengatakan, video tersebut direkam Sabtu (29/9) pukul 11.00 Wita. "Fenomena semburan air perkebunan kelapa sawit milik PT. Surya Lestari 2 Desa Salugatta Kecamatan Budong Budong Mateng kurang lebih 200 meter dari Poros Trans Sulawesi," terang Kades Salugatta, Alimuddin. (har/red)

comments