Kebakaran Hutan di Mamasa, Api Nyaris Merambat ke Pemukiman Warga

On Senin, September 17, 2018

MASALEMBO.COM

Tampak petugas kepolisian dan warga setempat berjibaku memadamkan api (Frendy Cristian/masalembo.com)

MAMASA, MASALEMBO.COM - Kebakaran hutan terjadi di Desa Osango, Kecamatan Mamasa, Sulawesi Barat, Minggu (16/9) malam.

Pantauan wartawan, api dengan cepat dan membesar membakar semak belukar. Apalagi tiupan agin di lokasi cukup kencang hingga api nyaris merambat ke permukiman penduduk. Dua unit mobil Pemadam Kebakaran yang  dikerahkan ke lokasi tak mampu menjangkau titik api karena kondisi perbukitan yang tak bisa dilalui kendaraan.

Terpaksa sejumlah aparat Kepolisan Polres Mamasa dibantu warga setempat saling berjibaku memadamkan api dengan alat seadanya. 

KBO Satuan Intel Polres Mamasa, IPDA M. Ilias yang ditemui di lokasi mengatakan, pihaknya terpaksa melakukan pemadaman api secara manual karena mobil damkar milik Pemadam tak bisa menjangkau lokasi, sementara api terus menjalar ke lokasi permukiman warga.

“Tak ada cara lain yang bisa kita gunakan, jadi mau tidak mau kita harus memadamkan api dengan alat seadanya saja,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kebakaran hutan gunung ini terjadi pada pukul 21: 00 Wita. Belum diketahi peyebab kebakaran tersebut.

Sekitar 30 anggota gabungan dari Polres Mamasa yang diterjunkan ke lokasi dibantu warga setempat berhasil memadamkan kobaran  api sekira pukul 01:30 Wita dini hari.

Meski demikian, sejumlah petugas dan mobil pemadam kebakaran masih disiagakan di pemukiman warga untuk mengatisipasi jika terjadi kebakaran susulan. (frd/har)

comments