Konsep Pemilu 2019 di Pemilihan Ketua Osis MAN 1 Lampa

On Selasa, September 25, 2018

MASALEMBO.COM

Suasana pemilihan Ketua OSIS MAN 1 Lampa Kabupaten Polman (Asrinto/masalembo.com)

POLEWALI, MASALEMBO.COM - Sekolah Madrasah Aliah Negeri (MAN) 1 Lampa, Kecamatan Mapilli, Polewali Mandar menggelar pemilihan ketua OSIS periode 2018/2019 bertema Pemilu 2019, Selasa (25/9). 

Uniknya, pemilihan ketua osis ini layaknya Pemilu pada umumnya, yakni ada pasangan calon, TPS, surat suara, bilik suara hinhga penghitungan suara.

Kepala MAN 1 Lampa, Marzuki mengatakan, kegiatan pemilihan ketua Osis seperti sudah digelar tiga gahun terakhir. Jumlah siswa  di sekolahnya sebanyak 1.259. Ia mengatakan, sebelum pemilihan ada formulir yang diedar bagi yang ingin mencalonkan diri, kemudian dikumpulkan dan direvisi oleh panitia sendiri. 

"Ini untuk periode 2018/2019. Pemilih terdiri dari seluruh siswa, mulai dari kelas X, XI, XII, ditambah guru," ujarnya, di sela-kegiatan.

Dalam pemilihan ketua Osis ini, ada tiga pasangan calon yang bertarung memperebut kursi jabatan ketua Osis. Ketiagnya adalah, pasangan calon nomor urut 1 Fitri Haikal - Muh. Rifki, pasangan calon nomor urut 2 Sofyan - Ardiansyah, pasangan calon nomor urut 3 Fikih Aspar - Hadhar Ilman.

Pemilihan ketua Osis dipantau langsung Ketua KPUD Polman, M. Danial dan komisoner KPU Rusman Tony. Danial mengatakan, yang menarik dari kegiatan ini  karena di gelar menjelang pemilu 2019, sehingga proses ini sebagai pembelajaran demokrasi langsung kepada para siswa yang sebagian besar nantinya akan menjadi pemilih pemula 2019. 

"Kami melihat desain dari pihak sekolah seperti Pilkada mini, ada pasangan calon, bahkan sebelum pemilihan ada tahapan cek kesehatan pasangan calon," terangnya. 

Danial mengatakan, pemilih di sini merupakan pemilih milenial, sehingga nantinya mereka telah memiliki pengalaman langsung karena sudah dibekali tentang tata cara pemilihan.

Hingga berita ini diturunkan, pemilihan ketua osis masih sementata berlangsung. (ant/har)

comments