Menuju Posyandu Mandiri, PT Surya Lestari Gelar Training

On Senin, September 24, 2018

MASALEMBO.COM


PASANGKAYU, MASALEMBO.COM - PT Suryaraya Lestari 1 (SRL-1) sebagai salah satu affco PT Astra Agro Lestari Tbk di Sulawesi menggelar pembinaan sejumlah kader Posyandu, Sabtu (22/9) lalu di Gedung Tenera PT SRL1. 

Acara ini berlangsung di ruang serbaguna, dihadiri 18 Posyandu dari seluruh desa binaan PT SRL1 dalam wilayah 3 kecamatan, yakni Sarudu, Dapurang dan Duripoku Kabupaten Pasangkayu. 

Training kader posyandu ini merupakan kegiatan rutin PT SRL1. Setiap tahunnya diadakan, namun tahun ini lebih istimewa karena berbarengan dengan program bhakti untuk negeri dalam rangka ulang tahun 30 tahun PT Astra Agro Lestari Tbk.

Salah satu program bhakti untuk negeri itu adalah training kader pada 300 Posyandu desa binaan perusahaan di seluruh Indonesia. Training kader Posyandu dibuka langsung oleh Yayat Ruhiyat selaku Administratur PT SRL 1.

Saat diwawancarai di ruang kerjanya, Senin (24/9) Yayat Ruhiyat mengatakan, kegiatan seperti ini adalah hal positif. Diharapkan bisa terus berlanjut kedepannya sehingga kader-kader Posyandu binaan PT SRL1 mendapatkan ilmu dan pengetahun yang lebih. 

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada para kader karena semangat dan kepeduliannya untuk rela menjadi kader Posyandu.

"Semoga apa yang kita lakukan saat ini dapat bermanfaat kedepannya," ungkapnya.

Sementara itu, CDO PT SRL1 Silmi Nathar juga menginformasikan bahwa ada 90 orang kader Posyandu yang diundang dan pembinaan kader ini dilakukan sudah sejak tahun  2010 diawali dengan program Revitalisasi Posyandu saat itu. 

"Semoga program ini terus berkelanjutan sebagai salah satu bukti sumbangsih PT SRL1 dalam kepedulian dan tanggung jawab sosial (CSR) di bidang kesehatan masyarakat," demikian harapan CDO SRL1.

Dalam acara tersebut, Danang Listiyanto selaku PIC SHE (Safety Health and Environment) dan Ketua Panitia acara ini menyampaikan bahwa pada training kader kali ini, PT. SRL-1 bekerja sama dengan puskesmas Bulumario. Sempat hadir pula dokter puskesmas, bidan, perawat serta apoteker untuk mengisi materi yang akan disampaikan kepada kader-kader posyandu. 

Training ini bertujuan menuju posyandu mandiri, materi training yg disampaikan antara lain Pencegahan Penyakit Diabetes, penanganan Gangguan pada kehamilan, Gema cermat (memahami karakteristik jenis obat) dan Posyandu mandiri. Dalam kegiatan ini terlihat peserta sangat antusias dan semangat mengikuti kegiatan, terlihat dari dinamika peaerta, para kader selalu bertanya pada setiap sesi presentase materi. 

Dalam kegiatan tersebut PT SRL1 juga memberikan Dana Insentif rutin kepada setiap kader dan dana bantuan pemberian makanan tambahan (PMT) untuk support kegiatan posyandu dimasing – masing desa. Dana yang diberikan bertujuan untuk support kegiatan posyandu binaan PT SRL1 sehingga bisa memberikan pos pelayanan terpadu yang berkualitas. (eds/har)

comments