Bupati H Aras: Mateng Memiliki Sumber Daya Alam Namun Harus Sejalan SDM

On Rabu, Oktober 24, 2018

MASALEMBO.COM

H. Aras Tammauni (Foto: Yasin/Humas Setda Mateng)

MATENG, MASALEMBO.COM - Sumber daya alam (SDA) yang dimiliki Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) adalah salah satu potensi yang dapat menunjang kehidupan bagi warga setempat. Khususnya potensi laut bidang perikanan, budidaya, penangkapan, pengelolaan dan pemasaran yang dapat dikembangkan sebagai sumber kehidupan.        

Hal ini dikatakan Bupati Mateng H. Aras Tammauni saat membuka secarea resmi sosialisasi dan Launching  Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kampus Perikanan di Dusun Lamba-Lamba, Desa Polo Pantai, Kecamatan Pangale, Senin (22/10). 

Aras Tammauni mengatakan, Kabupaten Mateng memiliki sumber daya alam yang memadai namun harus sejalan dengan sumberdaya manusia (SDM). Sebab itu Bupati berharap, untuk mengembangkan potensi yang ada, peningkatan kualitas dan kuantitas SDA perlu ditingkatkan.         

Dikatakan, dari segi kualitas maupun kuantitas SDM di Mateng belum memadai, sehingga merupakan tugas bersama untuk membangun dan meningkatkan sumberdaya yang ada. 

"Hal ini tentunya menjadi tugas kita bersama untuk terus membangun SDM karena dengan tersedianya Sumber Daya Manusia, maka pembangunan di sektor perikanan akan mudah untuk dikembangkan," jelas H. Aras.

Menurutnya, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mateng sebagai perangkat kerja yang menangani sektor perikanan yang dapat menciptakan program kerja untuk meningkatkan kualitas SDM. 

"Pemberdayaan sendiri, ditentukan oleh pembentukan pola kesinambungan antara program yang dijalankan dengan hasil yang didapat, pendekatan utama dalam konsep pemberdayaan adalah masyarakat tidak dijadikan objek dari berbagai proyek pembangunan, tetapi merupakan subjek dari upaya pembangunan itu sendiri," tegas Bupati Mateng.

Ahkir sambutannya bupati berharap, Sosialisasi dan lounching Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kampus Perikanan, dapat melahirkan sdm yang memiliki kemampuan dalam memanejemen usaha yang ditekuninya. "Semangat yang tinggi dalam mengembangkan usaha, akan dapat membantu dalam meningkatkan kesejahteraan para petani tambak dan dapat mendorong percepatan pembangunan Kabupaten Mateng yang kita cintai ini," tutupnya. (jml/har)

comments