Cara KPU Polman Umumkan Daftar Calon Tetap Pemilu 2019

On Sabtu, Oktober 27, 2018

MASALEMBO.COM

Petugas KPU Polman pasang baliho DPT (Asrianto/masalembo.com)

POLMAN, MASALEMBO.COM - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Polewali Mandar, Sulbar, mengumumkan  Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPRD Kabupaten Polewali Mandar Pemilu Tahun 2019 dengan memasang baliho yang dipasang di sejumlah titik strategis. 

Pasca penetapan dan masa pengumuman DCS (daftar calon sementara), Agustus lalu, KPU memasang juga pengumuman DCS melalui baliho di setiap sekretariat PPK (kecamatan). Pengumuman juga melalui sejumlah media cetak dan media online. Selanjutnya, KPUD Polman memasang baliho DCT yang masing-masing ditempatkan dua titik setiap kecamatan yang tersebar pada lima Dapil.

Ketua KPUD Polman meengatakan, baliho DCT berukuran 1,5x3 meter, yang ditempatkan di sejumlah lokasi strategis di setiap kecamatan sesuai wilayah daerah pemilihan (dapil). Jumlah baliho yang dipasang sebanyak 32 titik lokasi yang tersebar di 16 kecamatan.

"Jadi setiap kecamatan itu ada dua titik baliho. Contoh nya kami pasang di kecamatan Wonomulyo, dekat pasar," pungkasnya.

M Danial, menambahkan pemasangan baliho pengumuman DCT, merupakan inisiatif KPU Polman bertujuan agar masyarakat bisa melihat, mengetahui dan mengenal dengan baik para Caleg. Dengan begitu, masyarakat memiliki referensi untuk menentukan pilihannya pada Pemilu 17 April 2019 mendatang.

"Tidak ada foto caleg, hanya DPD yang ada fotonya. Jadi dengan baliho yang ada, masyarakat bisa mengenal pilihannya" jelas Danial. 

Danial menambahkan, pemasangan baliho ini untuk memudahkan masyarakat mengenal calegnya, karena dalam surat suara nanti, baik DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, tidak ada gambar atau foto caleg, melainkan hanya nama yang dicantumkan.

Desain baliho, sama dengan model formulir DCT ukuran besar yang berisi nama dan nomor urut Parpol, nama dan nomor urut Caleg berikut alamat dan Dapil masing-masing. Tercantum juga tanda tangan ketua dan anggota KPU Kabupaten Polman berikut cap stempel KPU. 

Pemasangan Baliho DCT tersebut disambut baik oleh masyarakat, karena mereka bisa mengenal lebih dekat para caleg dengan melihat foto yang terpampang di baliho.

Sosialisasi dalam bentuk pengumuman DCT melalui baliho merupakan bentuk pelayanan informasi kepada masyarakat,  untuk menjadi referensi dalam menentukan pilihan pada Pemilu 2019 nanti.

Jumlah calon legislatif yang telah di tetapkan oleh KPUD Polman sebanyak 522 orang dari 15 partai politik yang telah mendaftar di KPUD. Sebelumnya, salah satu partai politik yakni partai Garuda sejak awal tidak mendaftarkan calegnya ke KPU Polman. (ant/har)

comments