Dandim 1402 Polmas Apresiasi Babinsa Beri Wawasan Kebangsaan

On Rabu, Oktober 17, 2018

MASALEMBO.COM

Babinsa Serda Andis menyampaikan wawasan kebangsaan ke murid SDN 016 Sarampu (Asrianto/masalembo.com)

POLMAN, MASALEMBO.COM - Anggota Babinsa Jajaran Kodim 1402 Polmas Serda Andis memberikan materi wawasan kebangsaan  kepada Pelajar SD Negeri 016 Sarampu Desa Kuajang, Kecamatan Binuang, Selasa (16/10/).

Dihadapan siswa, Serda Andis menyampaikan pentingnya menanamkan nasionalisme dan empat pilar kebangsaan. Indonesia memiliki banyak ragan, budaya, suku, keanekanragaman lainnya. Meski berbeda, ia  mengimbau agar  para generasi penerus bangsa ini tetap menjaga keutuhan NKRI.

Serda Andis mengakui, kegiatan ini bukan baru pertama kali ia lakukan di wilayah kerja di desa Rea Timur dan Kuajang. 

"Saya sudah sering membrrikan materi kepada siswa di sekolah lainnya. Bukan hanya tinglat SD, namun tingkat MA, dan sekolah SPP," ujarnya.

Hal ini ini disambut positif oleh pihak sekolah. Hj.Nurmiah S. Pd. kepala sekolah SD 016 Sarampu mengatakan, dengan kehadiran Anggota TNI memberikan pemahaman wawasan kebangsaan dan kedisiplinan kepada anak didiknya.

"Tampak kegembiraan dan keseriusn anak-anak menerima materi tersebut dan tentunya ini juga lebih mendekatkan anak-anak dengan TNI," ungkapnya

Terpisah, Dandim 1402/Polmas Letkol Arh Dedi Setia Arianto mengatakan bahwa, Bintara Pembina Desa ( Babinsa) mempunyai peranan penting dalam membangun karakter generasi Muda sejak dini melalui sekolah- sekolah di wilayah binaan.

"Kegiatan ini merupakan pembinaan teritorial bagi satuan kewilayahan 
Kepada lapisan masyarakat yang ada di wilayah binaan," kata Letkol Dedi Setia

Ia menyambut positif Terkait kehadiran Anggota Babinsa Kodim 1402 Polmas memberikan materi wawasan kebangsaan kepada generasi muda sejak dini, Agar kedepannya mereka menjadi generasi penerus bangsa yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan.

Menurut Dandim, Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, Bangsa yang beraneka ragam budaya, suku, bahasa dan agama, Tetapi dengan perbedaan itu kita tetap satu yaitu Bangsa Indonesia.

Hal inilah yang harus ditanamkan kepada generasi muda sejak dini agar memiliki semangat nasionalisme.

 Selain itu, menurut Dandim, pemahaman terhadap bahaya narkoba, bahaya pergaulan bebas juga harus diberikan kepada anak-anak sejak masih usia dini. (ant/har)

comments