Kebakaran Hutan di Mamasa, Api Nyaris Membakar Puluhan Rumah Warga

On Senin, Oktober 29, 2018

MASALEMBO.COM

Kebakaran hutan pinus di Mamasa (Frendy Cristian/masalembo.com)

MAMASA, MASALEMBO.COM - Kebakaran hutan pinus terjadi di Limbong Lopi, Kelurahan Tawalian, Kabupaten Mamasa, Senin (29/10). Peristiwa ini membuat panik warga sekitar lantaran api nyaris merembet ke sejumlah rumah warga.

Informasi dihimpun di lokasi, sekitar 10 hektar area hutan pinus milik warga setempat hangus. Api cepat membesar karena membakar semak belukar kering kemudian tiupan agin kencang.

Sejumlah warga yang bermukim di sekitar lokasi dibuat panik dan berhamburan keluar rumah. Mereka berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Rinawati, seorang warga yang bermukim di sekitar lokasi mengatakan, kebakaran tersebut sudah terjadi sejak Minggu (28/8) sore. Namun tadi malam api sempat padam.  Siang harinya api kembali menyala dan membesar dan mendekati rumah warga.

“Saya dan beberapa tetangga disini sempat panik, karna api yang membesar, sudah mulai mendekati rumah kami,” ungkap Rina.

Saat ini belum diketahui pemicu kebakaran yang menghaguskan puluhan hektar hutan pinus tersebut. Dua unit mobil pemadam kebakaran yang dikerakan ke lokasi kewalahan memadamkan api, karna sudah tersebar di beberapa titik.

Saat ini sebagian titik api sudah bisa dikendalikan, namun sebagian lagi masih terus dilakukan pemadaman. Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun warga yang berada disekitar lokasi sempat dibuat panik.

Dua unit mobil pemadam kebakaran masih berada di lokasi melakukan pemadaman di beberapa titik api yang belum padam, termasuk mengantisipasi kebakaran susulan. (frd/har)

comments