Pemilihan Ketua Osis SMA 1 Mamasa Laiknya Pemilu

On Jumat, Oktober 19, 2018

MASALEMBO.COM

Perhitungan suara Pemilihan Ketua OSIS SMA Negeri 1 Mamasa (Foto:Frendy Cristian/masalembo.com)

MAMASA, MASALEMBO.COM - Upaya memberi pendidikan demokrasi bagi Siswa. SMA Negeri 1 Mamasa menggelar pemilihan Ketua OSIS 2018-2019 dengan sistem Pemilu. Hal itu dilakukan untuk memberikan pendidikan demokrasi kepada siswa terkhusus bagi pemilih pemula.

Kegiatan ini didukung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamasa. Lokasi pemugutan suara dilaksanakan di halaman sekolah. Tampak 3 TPS yang disediakan oleh panitia lengkap dengan sejumlah kotak suara, kertas suara, tinta serta sejumlah perlengkapan lain yang dibutukan, laiknya pelaksanan pemilihan umum.

Panitia pemilihan dan petugas masing-masing TPS dari kalangan siswa sendiri. Pemilihan Ketua OSIS SMA Negeri 1 Mamasa ini diikuti tiga pasangan calon.

Plt Kepala SMA Negeri 1 Mamasa Yance mengatakan, pemilihan Ketua OSIS menyerupai Pemilu dilaksanakan untuk memberikan pendidikan tentang cara berdemokrasi yang baik melalui pemilihan ketua OSIS.

“Mulai saat ini siswa harus diajarai tata cara berdemokrasi yang baik, terkhusus dalam menentukan pemimpinya, selain itu kegiatan ini, juga implementasi dari mata pelajaran PKN terkait demokrasi,” katanya.

Gabriela Oktavia, salah seorang siswa yang menjadi Ketua Panitia mengungkapkan, dirinya merasa senang dengan adanya pemilihan layaknya Pemilu yang kerap diselenggarakan KPU. Kata Gabriela, dirinya bisa mengetahui Pemilu lebih jauh pun berdemokrasi yang baik. Selain itu kegiatan ini juga juga mengajarkan siswa untuk selalu bertanggung jawab.

Pada pemilihan Ketua OSIS SMA 1 Mamasa ini disambut baik seluruh siswa. Hal itu dibuktikan dari antusias siswa dalam memberikan hak suaranya. (frd/har)

comments