-->

Hot News

Pemkab Pasangkayu Siapkan Bantuan Korban Gempa

By On Rabu, Oktober 03, 2018

Rabu, Oktober 03, 2018

Sekkab Pasangkayu, Firman (Edison/masalembo.com)

PASANGKAYU, MASALEMBO.COM - Pemerintah Kabupaten Pasangkayu secara perlahan mulai melakukan pemulihan situasi pasca gempa. Seperti pengoperasian listrik, PLN Rayon Pasangkayu mulai membenahi aliran listrik ke rumah-rumah warga.

Selain itu, Pemkab Pasangkayu menyiapkan bantuan untuk korban gempa. Untuk sementara prioritas bantuan ditujukan untuk pemulihan rumah yang rusak karena gempa. Baik rusak ringan, rusak sedang, dan rusak parah.

“Data sementara yang kami dapat, sebanyak 246 unit rumah rusak berat, 85 unit rusak sedang dan 169 unit rusak ringan. Tersebar di beberapa kecamatan di Pasangkayu,” terang Sekkab Pasangkayu, Firman, Rabu (3/10)

Pihaknya juga menyiapkan bantuan sembako dan tenda untuk warga yang mengalami kerusakan.

“Bantuan sembako dan tenda ini, mungkin besok (Kamis) sudah akan kami salurkan,” tandasnya.

Terkait masih adanya titik-titik pengungsian warga di beberapa wilayah Pasangkayu, ia menghimbau peran aktif Camat dan Kepala Desa untuk menenangkan agar bisa tenang dan kembali ke rumah masing-masing.

“Infomasi dari BPBPD Pasangkayu yang didapatkan dari BMKG, saat ini sudah tidak ada potensi tsunami. Memang masih ada beberapa gempa susulan tapi itu tidak seberapa dari gempa yang pertama, kecuali ada titik gempa baru. Nah Kepala Desa dan Camat harus aktif menyampaikan informasi ini ke warganya, agar tidak ada lagi yang mengungsi” imbuhnya.

Di pengungsian sambung dia, berbagai resiko bisa ditanggung warga, terutama masalah timbulnya penyakit DBD.

Kata dia, saat ini warga hanya dihimbau untuk tetap waspada di rumahnya masing-masing. Jika ada guncangan gempa maka harus secepatnya keluar dari dalam rumah. (eds/har)

comments